News

Pansus DPRD Mandailing Natal Meninjau PT SMGP

FaseBerita.ID – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Mandailing Natal (Madina) melakukan peninjauan lapangan ke PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) di Kabupaten Madina.

Adapun lokasi yang di kunjungi oleh Pansus DPRD, yakni, Basecam PT SMGP di Desa Purba Lamo, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kabupaten Madina. Dan lokasi Well Pad Tanggo, di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Madina.

Untuk diketahui, lokasi Well Pad Tanggo PT SMGP sebelumnya telah menjadi sorotan pasca insiden yang telah menyebabkan 5 korban jiwa dan puluhan warga lainnya mendapat perawatan di Rumah Sakit, karena diduga keracunan gas H2S Senin 25 Januari lalu.

Selain itu, Pansus DPRD juga melakukan tinjauan ke beberapa Desa di Wilayah Kerja Panasbumi (WKP) yang terdampak oleh akivitas perusahaan.

Ketua Pansus DPRD Madina, Dodi Martua Minggu (14/3) mengatakan, bahwa tinjauan lapangan yang mereka lakukan pada Kamis (11/3/2021) lalu, bertujuan ingin memastikan apakah perusahaan sudah menjalankan dan mematuhi semua regulasi tentang panas bumi. “Kita ingin memastikan apakah perusahaan ini sudah mematuhi semua regulasi tentang panas bumi,” kata Dodi.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Madina ini menyebut, sejumlah aktivitas perusahaan, mulai dari proses pengeboran hingga pengelolaan limbah perusahaan turut menjadi pengamatan Pansus.

“Proses pengoboran hingga pengelolaan limbah perusahaan sudah kita lakukan pengamatan,” ujarnya.

Begitu juga, saat meninjau beberapa Desa di Wilayah Kerja Panasbumi (WKP), Dodi menyampaikan, mereka telah melakukan kroschek mengenai sejumlah data dan informasi yang sudah diperoleh.

“Data dan informasi yang sebelumnya kita peroleh baik itu saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) maupun keterangan dari berbagai pihak langsung kita kroschek saat kegiatan tinjauan lapangan ini. Namun, kalau untuk keterangan hasilnya nanti dulu ya, saat ini masih kita lakukan pembahasan,” jelasnya.

Adapun anggota Pansus yang ikut dalam tinjauan lapangan tersebut, yakni, Ketua Pansus Dodi Martua dan Wakil ketua Pansus Ahmad Budiman Boroton, seterusnya anggota Pansus, Suhandi, Zainuddin Nasution dan Hidayah Herlina dari partai Gerindra. Rahmad Rizky dan Juwita Asmara dari Demokrat. Dan Arsidin Batubara dan Zubaidah Nasution dari Golkar.

Selanjutnya, tampak hadir Ahmad Taufik Siregar dari PKB, Maraganti dari Hanura, Syafaruddin Ansyari dari PAN dan Zulfakhri Batubara dari PPP bersama Lely Artati dan Khairun Nasution dari Partai Perindo.

“Dalam tinjauan lapangan ini kita juga di dampingi OPD dan Camat setempat,” tutup Ketua Pansus Dodi Martua. (Mag 01)

USI