News

Pangulu Ajak Warga Perbaiki Irigasi Longsor

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Pangulu Nagori Dolok Parmonangan, Kecamatan Dolok Panribuan Remington Manurung bersama warga melaksanakan gotong royong memperbaiki irigasi yang longsor.

Gotong royong yang dilaksanakan pada Jumat (5/7/2019) kemarin, hanya menggunakan alat seadanya saja. Mereka memasukkan tanah ke dalam goni dan menyusunnya seperti tembok penahan. Saluran irigasi induk ini merupakan irigasi utama untuk kebutuhan air di persawahan masyarakat.

Supaya tidak gagal panen, pihak pemerintah nagori dengan cepat melakukan gotong royong agar irigasi tersebut agar dapat berfungsi dengan maksimal.

“Ada sekitar 760 hektar yang bisa dialiri irigasi ini. Maka irigasi ini memang harus segera diperbaiki. Kalau tidak selesai, akan dilanjutkan esok hari,” ujar Helbi Napituluy selaku Ka UPT PSDA Dolok Panribuan.

Sementara itu, Pangulu Nagori Dolok Parmonangan Remington Manurung berterimakasih kepada masyarakat yang turut serta melaksanakan gotong royong. Menurutnya budaya gotong royong harus tetap dipelihara untuk kepentingan bersama.

“Jika ada bencana, bisa langsung diatasi kalau sama-sama dikerjakan. Kita juga berharap kepada Pemkab Simalungun supaya bisa melakukan perbaikan irigasi ini,” terangnya.

Longsor tersebut diperkirakan memiliki kedalaman lima meter dan panjang 10 meter, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat tembok penahannya. (tom)