News

Pakai Standar Prokes Ketat KPU Yakin TPS Aman

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan proses pelaksanaan pemungutan suara Pilkada serentak 2020 di TPS aman dengan standar protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

KPU Simalungun memastikan dengan menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan suara (Putungsura) serta penggunaan Sirekap di tempat pemungutan suara (TPS) I Nagori Rambung Merah Kecamatan Siantar, Sabtu (21/11).

Ketua KPU Simalungun Raja Ahab Damanik didampingi Komisioner Devisi Tehnis Fatimah Yanti Sinaga menyampaikan, kegiatan Simulasi ini bertujuan meyakinkan kepada masyarakat agar tidak takut datang ke TPS, Rabu 09 Desember 2020, karena pelaksanaan pemungutan suara nantinya mengikuti protokol Kesehatan.

Diantara penerapan protokol Kesehatan putungsura pada masa pandemi covid-19 yakni, pemilih yang hadir memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah keluar TPS, memakai sarung tangan plastik, penyemprotan disinfektan secara berkala, menjaga jarak dan tidak berkeruman di lingkungan TPS baik di dalam maupun di luar TPS.

Pemilih juga harus cek suhu tubuh, jaga jarak, menggunakan tinta tetes, disediakan bilik khusus pemilih dengan suhu 37,3 derajat celcius, KPPS memakai APD, menghindari kontak fisik selama di TPS, dan jadwal kehadiran diatur dalam undangan pemberitahuan kepada pemilih.

Kegiatan simulasi ini juga bertujuan mematangkan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di TPS.
Simulasi dihadiri KPU Provinsi Sumatera Utara, Bawaslu Simalungun, DPRD Simalungun, Dandim 0207 Simalungun, Kabag OPS Polres Simalungun, dan Kesbangpolimnas.

KPU Siantar Gelar Simulasi dan Sosialisasi

Sementara KPU Siantar juga menggelar simulasi putungsura dan penggunaan sirekap yang dilaksanakan di TPS 4 Kelurahan Teladan, Kecamatan Siantar Barat.

Selain melakukan simulasi dengan protokol kesehatan, KPU dan jajarannya melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengajak pemilih datang ke TPS pada 9 Desember mendatang.

Komisioner KPU Siantar Devisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat Nurbaiyah Siregar mengatakan, masyarakat Siantar diharapkan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Pilkada Siantar 2020 dengan menggunakan hak suaranya di TPS. Pemilih tidak perlu khawatir, karena proses selama pemungutan suara dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Kami mengimbau seluruh pemilih datang untuk menggunakan hak pilihnya. KPU juga sudah mensosialisasikan kepada masyarakat tentang dua pilihan yang ada di Pilkada Kota Siantar,” kata Nurbaiyah.

Dijelaskan Nurbaiyah, diharapkan semua elemen masyarakat untuk saling mengingatkan agar mensukseskan Pilkada Siantar 2020. Pihaknya juga melalui jajaran PPK, PPS, dan KPPS juga terus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait Pilkada Siantar. (esa/fi)

iklan usi