News

OTK Buat Onar di Jalan Lintas Medan-Binjai: Kaca Mobil Dipecah

FaseBerita.ID – Warga di sekitar Jalan Medan-Binjai dibuat geram karena ulah seorang pria yang belum diketahui identitasnya, Kamis (9/5/2019) malam.

Pria tersebut mengendarai sepeda motor dan membuat keonaran di jalan raya. Sedikitnya lima pengendara melaporkan kaca mobil mereka dipecahkan oleh pelaku.

“Kejadian pengrusakan beberapa unit mobil ini sudah terjadi sejak dari Jalan Medan-Binjai Km.12 Kecamatan Sunggal sampai dengan Bundaran Tugu Jalan Soekarno-Hatta, Binjai,”ujar Kasubbag Humas Polres Binjai, Iptu Siswanto Ginting, kemarin (10/5/2019).

Menurut keterangan salah satu korban bernama Henny K Widya (46), kata Siswanto, kaca mobilnya di bagian depan, dipecahkan pelaku saat melintas di Jalan Binjai Km.12. Bukan hanya mobilnya, sejumlah mobil lainnya juga menjadi aksi brutal pelaku. Itu diketahui korban, saat dirinya hendak pulang ke Binjai.

Meski melihat kaca mobil lainnya sudah pecah, korban tetap melanjutkan perjalanan menuju Binjai.

Namun naas, saat melintas di Jalan Sultan Hasanuddin, Binjai Kota, tepatnya Simpang Rumah Sakit Bangkatan, kaca samping mobilnya tak luput dari aksi brutal pelaku. Dengan menggunakan rantai, pelaku bertubuh agak tambun mengenakan kaos orange, mengayunkan rantai ke kaca samping mobilnya hingga pecah.

“Henny pun kemudian putar arah mobilnya ke Polres Binjai untuk melapor. Sesampai di Polres Binjai, tak lama kemudian berdatangan mobil lainnya dengan kondisi yang sudah dalam keadaan kacanya pecah. Semua korban bilang, pelaku pengerusakan adalah seseorang yang mengenakan baju kaus warna oranye dengan mengendarai sepeda motor metik warna merah,”beber mantan Kanit Intelkam Polres Binjai ini.

Mendapat laporan warga itu, lanjut Siswanto, personel Jatanras dan Intelkam Polres Binjai berupaya mengejar pelaku. “Petugas melakukan penyisiran di kota Binjai untuk mencari pelaku, seperti ciri-ciri yang disampaikan para korban. Selain mencari pelaku, juga sekaligus antisipasi timbul korban lainnya. Namun hingga kini, pelaku belum ditemukan,” ujar Siswanto.

Berdasar catatan Polres Binjai, kata Siswanto, ada lima mobil yang dinyatakan mengalami kerusakan, yakni Pajero Sport BK 130 BS milik Uganinta Sitepu yang mengalami rusak kaca samping; Xenia BK 1516 IG milik Erwinsyah Sinaga yang mengalami rusak kaca belakang dan samping; Sigra BK 1853 PP milik Abdi Rahman yang mengalami pecah kaca samping; Avanza D 1455 ABT milik Sandi Putra yang mengalami pecah kaca belakang dan Calya BK 1831 IR milik Henny Widya.

Namun lanjut Siswanto, para korban hanya melaporkan musibah yang dialami mereka. “Mereka hanya melapor secara lisan saja, lalu para korban membawa kendaraannya pergi meninggalkan Mapolres Binjai. Situasi cuaca pada saat kejadian dalam keadaan hujan rintik dan aliran listrik di Kota Binjai dalam kondisi padam,”imbuhnya.

Berdasarkan penyelidikan awal, menurut Siswanto, korban juga tidak mengenal jelas siapa pelaku dan nomor polisi kendaraan yang dikendarai. Analisa informasi dari para korban, polisi menduga pelaku berdomisili di Seputaran Km 12 Diski dan Kota Binjai. Siswanto menambahkan, personel gabungan juga melakukan monitoring di sepanjang jalan umum yang dilintasi oleh pelaku dan korban.

“Polres Binjai akan melihat rekaman CCTV pada 5 traffic light yang dilintasi oleh pelaku, untuk memastikan apakah kejadiannya berada di wilayah hukum Polres Binjai atau tidak. Kepada personel, Kapolres Binjai sudah menekankan untuk meningkatkan patroli kendaraan dinas di jalan raya wilayah hukum Polres Binjai guna antisipasi kejadian serupa,”tandas Siswanto. (ted/han/sp/JPG)