News

Oknum Guru Pencabul 7 Siswa Diberhentikan Sementara

TAPUT, FaseBerita.ID – Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengeluarkan surat keputusan pemberhentian sementara terhadap SMN, oknum aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas sebagai guru di SD Negeri 173297 Sigumbang, Desa Sitabotabo Toruan, Kecamatan Siborongborong dan kini menjadi terdakwa kasus tindak pidana pencabulan anak di bawah umur di Pengadilan Negeri setempat.

“Surat pemberhentian sementara SMN tertanggal 24 Mei 2019,” terang Kepala Bagian Hukum dan Perundangan Setdakab Taput, Alboin Butarbutar, Jumat (24/5).

Disebutkannya, pemberhentian sementara SMN sebagai ASN yang merupakan guru dengan pangkat golongan/ruang penata muda (IIIa) terhitung mulai 31 Maret 2019.

“Dalam surat keputusan tersebut, mulai 1 April 2019 kepada SMN diberikan uang pemberhentian sementara sebesar 50 persen dari penghasilan jabatan pada bulan Maret 2019,” jelasnya.

Selain memutuskan pemberhentian sementara, Bupati Nikson juga memerintahkan petugas pelayanan sosial dari Dinas Sosial untuk segera melakukan penanganan sementara atas para korban.

“Juga akan ada penanganan dari sisi fisik dan mental yang akan dilakukan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A),” sebut Alboin.

Menurut dia, ucapan terimakasih dan apresiasi Bupati juga disampaikan kepada masyarakat, terutama pemerhati persoalan anak yang telah memberikan dukungan dan perhatian bagi percepatan penyelesaian permasalahan tindak pidana pencabulan anak yang terjadi di Sigumbang Siborongborong itu.

“Kepada keluarga korban, Bupati menyampaikan permohonan maafnya atas musibah yang dialami para korban. Kami membuka pintu selebar-lebarnya bagi para korban yang sama dimana pun di Taput untuk segera melapor ke Pemkab Taput,” ujarnya.

Baca juga:

Alboin berharap, KPAID tetap melakukan pendampingan secara khusus terhadap para korban agar segera dapat dipulihkan dari trauma psikis. (ant/int)