News

Ngaku Capek, Ketua Bawaslu Labusel Bentak Wartawan yang Bertugas

FaseBerita.ID – Sikap tidak terpuji dan arogansi dengan merendahkan profesi wartawan lagi-lagi terjadi, kali ini diduga dilakukan oknum Ketua Bawaslu Labuhanbatu Selatan (Labusel), AH.

Sikap tak terpuji ini dilontarkan Ketua Bawaslu, kepada wartawan Metro TV wilayah Labuhanbatu Raya, Kevin Sinaga, saat wartawan hendak mewancarai tentang kegiatan penertiban alat peraga kampanye (APK) di masa tenang Pilkada 9 Desember mendatang.

“Aku bagus-bagus datang tadi ke kantor Bawaslu bang, mau wawancara kegiatan penertiban APK, malah dibentak nya (Ketua Bawaslu) aku, kami udah capek enak-enak aja kalian ambil beritanya,” ungkap Kevin menirukan suara Ketua Bawaslu, Minggu (6/12/2020)

Kevin menyayangkan sikap Ketua Bawaslu yang membentak dirinya hanya karena meminta wawancara terkait penertiban APK Pilkada di Labusel.

“Berita itu kan positif bang, lagian kalau tidak mau diwawancarai kan bisa dibilang, kenapa sampai membentak,” ujarnya.

Sementara, Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Sumatera Utara, Budiman Amin Tanjung, menyesalkan sikap Ketua Bawaslu Labuhanbatu Selatan, yang menolak untuk diwawancara terkait penertiban Alat peraga Kampanye yang ada di wilayahnya.

Seharusnya Ketua Bawaslu mampu merangkul dan menjadikan wartawan sebagai mitra dalam menyampaikan setiap informasi dan kegiatan yang positif yang dilakukan lembaga pengawas pemilu tersebut, agar kegiatan dan sosialisasi tersebut sampai kepada masyarakat, terlebih lagi kegiatan penertiban APK yang memang perlu kerjasama semua pihak agar seluruh APK bersih sebelum pelaksanaan Pilkada 9 Desember nanti.

Hal senada disampaikan Ketua Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) wilayah Labuhanbatu Raya, Fachrizal, ia juga menyesalkan sikap Ketua Bawaslu Labuhanbatu Selatan.

“Harusnya bersinergi dengan media, media merupakan mitra dan wadah penyampaian informasi kepada masyarakat luas, bekerjalah dengan profesional,” ujar Fachrizal.

Ia juga menyayangkan bahasa capek yang keluar dari mulut Ketua Bawaslu, ia berharap Bawaslu bekerja profesional. “Janganlah bersikap arogan dalam melaksanakan tugas, kalau hanya dengan penertiban APK aja capek apalagi dengan temuan kasus pelanggaran dilapangan,” tambahnya.

Ia meminta kepada bawaslu Sumut, agar memberikan nasehat kepada Ketua Bawaslu Labusel agar bekerja lebih profesional. (fabe/lb)

USI