News

New Normal, Tak Ada Lagi Check Point dan Penyekatan di Ruas Tol

FaseBerita.ID – PT Hutama Karya (Persero) menyampaikan sehubungan dengan berakhirnya aturan larangan mudik, perseroan selaku salah satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Indonesia resmi mencabut titik check point dan penyekatan di beberapa ruas tol yang dikelolanya.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPJT) Hutama Karya, Aries Dewantoro mengatakan, kebijakan ini diambil oleh perusahaan sejalan dengan arahan pemerintah dalam memasuki masa New Normal.

“Meski penyekatan dan titik check point ditiadakan, Hutama Karya tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku dengan ketat,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (11/6).

Protokol kesehatan yang diterapkan salah satunya yaitu mewajibkan petugas tol menggunakan sarung tangan, masker, dan face shield saat sedang bertugas. Kemudian, melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di setiap gerbang tol.

Hutama Karya juga selalu menerapkan untuk menjaga jarak dan masih menghentikan sementara fasilitas top-up tunai demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Seperti diketahui, sejak April lalu secara bertahap Hutama Karya membangun titik penyekatan dan check point di ruas-ruas tol dikelola.

Kendaraan yang hendak melewati jalan tol akan diperiksa secara ketat. Adapun yang diperiksa yaitu mulai kelengkapan dokumen, suhu dan jumlah penumpang, serta penggunaan masker.

“Jika tidak mematuhi aturan yang ditetapkan, kendaraan tersebut tidak kami perbolehkan melintas dan diputarbalikkan,” pungkasnya.

Berikut beberapa titik penyekatan dan check point yang dicabut: 1. Ruas tol Palembang – Indralaya (Palindra), 2. Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter), 3. Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka), 4. Ruas tol Jakarta Outer Ring Road Seksi S (JORR-S). (JP)