News

Nelayan Ditangkap dari Atas Kapal, Disita Sabu-sabu dan Timbangan Digital

SIBOLGA, FaseBerita.ID– Seorang pria diamankan Polisi dari atas kapal di salah satu tangkahan ikan di Jalan KH Ahmad Dahlan Sibolga, Kamis (4/3) sekira pukul 13.00 WIB.

Disita barang bukti dari pria berinisial BH (43) tersebut berupa kotak rokok berisi 1 paket Sabu-sabu seberat 3,74 gram. Kemudian, sebuah timbangan digital dan 2 plastik es.
Dari hasil pemeriksaan, BH mengaku kalau barang bukti yang ditemukan merupakan milik temannya, yang identitasnya telah dikantongi petugas.

“Sekira pukul 11.00 WIB, ketika BH tidur diayunan disebuah kapal di tangkahan, dibangunkan oleh temannya. Katanya, ambilkan dulu timbangan di rumahku sudah kusuruh si (identitas telah dikantongi) untuk menjemput Sabu-sabu. BH pergi menjemput timbangan setelah diberi kunci rumah,” kata Kapolres Sibolga AKBP Triyadi dalam keterangannya melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, Sabtu (20/3).

Kemudian, pria yang diketahui merupakan warga Rusunawa Jolong Basusuk Sibolga tersebut kembali ke Tangkahan dan tidur-tiduran disebuah kapal.

Tak lama kemudian yang membeli sabu-sabu datang dan memberikan sebuah kotak rokok berisi sabu-sabu padanya.

“Orang tersebut mengatakan, mintalah seprempi sebagai upah mengambil sabu-sabu. BH menjawab, kalian saja yang berhubungan, aku nggak tahu itu. Kemudian BH menyimpannya ditempat biasa lalu pergi membeli rokok,” ungkapnya.

Sekembalinya membeli rokok, pria yang kesehariannya berprofesi sebagai Nelayan tersebut diamankan petugas dan menyita sabu dari sebuah Ban yang tergantung di kapal.
Usai menjalani pemeriksaan, ayah 3 anak tersebut akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di RTP Polres Sibolga.

Diduga telah melakukan tindak pidana, setiap orang tanpa hak atau melawan hukum menjual, membeli, menerima atau menjadi perantara dalam jual beli narkotika golongan I atau memiliki menyimpan, menguasai dan menyediakan narkotika golongan I jenis bukan tanaman (sabu), sebagaimana dimaksud dalam pasal  114 ayat (1) Subsider pasal 112 ayat (1) dari Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, tersangka diancam hukuman diatas 5 tahun. (ts/fabe)