News

Nakes, Prioritas Sinovac di Tapsel

FaseBerita.ID – Tenaga kesehatan menjadi prioritas peruntukan dari, sebanyak 2.280 dosis vaksin Sinovac, sebagai langkah pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang diterima dari Pemprov Sumatera Utara, yang tiba di Kabupaten Tapanuli Selatan, Selasa (2/2) lalu.

Kadis Kesehatan Tapsel Sri Khairunnisa mengatakan, 2.280 vaksin ini hanya untuk petugas kesehatan. Dimana, sesuai data, ada 1.300 orang sudah terdaftar melalui aplikasi. Namun 160 orang di antaranya tidak lolos sebagai penerima karena berbagai alasan yang ditentukan tidak layak. Seperti sedang hamil, menyusui, pernah positif Covid.

Sehingga, hanya 1.140 orang tenaga kesehatan Tapsel yang akan menerima vaksin. Dalam waktu berbeda, setiap orang akan disuntikkan vaksin Sinovac sebanyak dua kali. Karena itulah jumlah vaksin yang diterima ini 2.280 untuk dua dosis.

“Petugas kesehatan di sini tidak harus tenaga medis atau paramedis. Tetapi juga petugas yang kerjanya berkaitan dengan kesehatan, seperti tenaga administrasi dan cleaning service,” terangnya.

Disampaikan, pada tahap awal sosialisasi dan simulasi penggunaan vaksin bagi petugas kesehatan di tingkat Puskesmas dijadwalkan Rabu (3/2). Sejalan dengan itu, petugas kesehatan akan dilatih secara online dari Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam.

“Sebenarnya ini pelatihan yang kedua, karena sebelumnya sudah pernah. Kenapa dilatih, karenapersyaratan untuk yang akan menyuntikkannya harus petugas yang terlatih. Karena itu vaksinasi akan dimulai di tingkat Puskesmas,” ungkapnya.

Dan, pencanangan vaksinasi dijadwalkan pada Kamis (4/2), di kantor Bupati Tapsel. Dan, ada 10 orang unsur Forkopimda yang divaksinasi. Tentunya, pada hari yang sama setiap Puskesmas menjemput vaksin ke Instalasi Farmasi Kabupaten Tapsel, yang terletak di Kota Padangsidimpuan.

“Kemudian pada Jumat (5/2), seluruh Puskesmas secara serentak melaksanakan vaksinasi kepada petugas kesehatan yang telah terdaftar melalui aplikasi,” terangnya.

Dan, Sekretaris Daerah Parulian Nasution bersama Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj dan perwakilan Dandim 0212/TS menyambut kedatangan vaksin Sinovac tersebut di sekretariat Farmasi Kabupaten Tapsel.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan kami ucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Utara bapak Edy Rahmayadi yang sudah menyalurkan vaksin Sinovac sebanyak 2.280 dosis untuk kita,” ungkap Sekda.

Disebutkan, vaksin Sinovac dengan jumlah 2.280 dosis telah diterima. Dan, selanjutnya Pemkab Tapsel melalui Dinas Kesehatan akan segera menyalurkannya untuk divaksinkan kepada 1.140 petugas atau tenaga kesehatan.

“Terimakasih kami juga kepada Kapolres Tapsel yang menugaskan personelnya melakukan pendampingan mulai dari penjemputan sampai membawa vaksin ini ke Instalasi Farmasi Kabupaten. Bahkan akan mengikutkan Bhabinkamtibmas untuk penyalurannya,” sebutnya dan tak lupa berterimakasih kepada TNI yang berperan dalam menyambut dan menghitung jumlah vaksin yang datang. Sekaligus akan terlibat aktif mengawal penyaluran vaksin itu. (ran/fabe)