News

Naik Pangkat, Puluhan Polisi Disiram Air

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Puluhan personil dari Kepolisian Resor Tapanuli Selatan (Tapsel), Brimobdasu Batalyon C dan ASN Polri mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Kebahagiaan itu dirayakan dengan cara yang unik. Sebanyak 62 personil kuyup disiram air usai melakukan upacara di halaman Mapolres Tapsel di Kota Padangsidimpuan, Selasa (2/7/2019) pagi.

Kasubbag Humas Polres Tapsel Iptu Alpian Sitepu mengatakan, ada 62 personil yang mendapat kenaikan pangkat pada peringatan HUT Bhayangkara ke-73 terhitung mulai per 1 Juli 2019.

Dari jumlah tersebut, 27 personil berasal dari Kepolisian Resor Tapanuli Selatan, 27 personil dari Brimobdasu Batalyon C yang bermarkas di Angkola Timur Tapsel, dan delapan ASN yang bertugas di kepolisian.

“Jumlah keseluruhan 62 personil, 27 personil Polres Tapsel, 27 personil dari Batalyon C Brimobdasu dan delapan ASN ,” ungkapnya, Selasa (2/7/2019).

Untuk merayakan kenaikan pangkat tersebut, katanya, pihaknya melakukan upacara yang dipimpin langsung Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib bersama pejabat utama polri lainnya.

Dan uniknya, upacara tersebut juga diikuti dengan tradisi unik yang setiap kali ada kenaikan pangkat selalu dilakukan. Awalnya, kata Alpian, seluruh personil yang naik pangkat dikumpulkan. Lalu disiram dengan menggunakan air bercampur bunga. Itu sebagai tanda menunjukkan rasa sukacita dan ucapan selamat.

“Kemudian seluruhnya diminta untuk sujud sukur dan disiram air berukuran banyak. Sehingga personil semua basah,” ujarnya.

Tak hanya itu, bagi personil yang sudah menikah diminta untuk memberikan setangkai bunga mawar kepada pasangannya. Juga tanda pangkat langsung dipasangkan masing-masing isteri. Dan yang belum menikah, saling memasangkan antar sesama personil.

“Dan itu kita lombakan, mana yang paling romantis diberi hadiah langsung dari Pak Kapolres,” ucapnya.

Alpian menyebut, dengan perayaan kenaikan pangkat tersebut, pimpinan mengharapkan dapat mendukung kinerja Polri yang lebih baik lagi. Serta dapat memotivasi personil lainnya. (yza)