News

Mustafa Ginting: Kalau Mau Kuliah dan Dapat Kerja, USI Pilihan Tepat

SIANTAR, FaseBerita.ID – Mustafa Ginting yang juga Dosen Fakultas Pertanian dan Pascasarja USI ini menuturkan, sesuai dengan tupoksi dan program lembaga yang dipimpinnya, PPK-USI berupaya semaksimalnya untuk memfasilitasi dan mempersiapkan mahasiswa dan alumni USI memasuki dunia kerja.

Sejak terbentuknya PPK-USI Januari 2017 lalu, PPK-USI telah banyak melakukan terobosan dalam hal mengatasi pengangguran, setiap bulan ada diselenggarakan campus hiring yaitu seleksi perekrutan tenaga kerja dari berbagai perusahaan yang diselenggarakan di Kampus USI. Demikian juga  menggelar job fair bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan Kota Pematangsiantar setiap tahun.

PPK-USI juga telah bekerjasama dan menandatangani MoU dengan Forum Capital Human Indonesia (FCHI) dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di BUMN. Untuk tahun 2019 ini ada sebanyak 6 orang mahasiswa USI Magang di BUMN PT Jasa Raharja dan pada tahun 2020 ada sebanyak 3 orang mahasiswa USI magang di BUMN PTPN III.

“Dengan demikian maka PPK-USI jelas-jelas telah memberikan nilai plus buat masyarakat dalam mengatasi masalah pengangguran yang merupakan masalah utama bagi masyarakat dan Negara,” katanya.

Mustafa menghimbau kepada lulusan SMA/SMK sederajat kalau memang motivasi dan targetnya kuliah untuk mendapatkan pekerjaan tidak perlu berpikir panjang lagi, USI lah yang paling pas kampusnya. Terutama bagi masyarakat Siantar-Simalungun dan sekitarnya.

“Tidak perlu lagi jauh-jauh kuliah ke daerah lain dengan biaya besar, toh nantinya setelah tamat kuliah kembali juga ke USI untuk melamar pekerjaan,”katanya.

Pada saat ini para lulusan SMA/SMK sederajat sedang menentukan pilihan perguruan tinggi tempatnya kuliah. Mustafa memberikan tips kepada lulusan SMA/SMK sederajat dalam  memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tempat kuliahnya harus pintar, hati-hati dan cermat.

Penerimaan CPNS mulai pada bulan September-Oktober 2017 yang lalu sampai saat ini sangat tegas dipersyaratkan bahwa dapat melamar CPNS jika lulusan dari Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B.

Disamping mempertimbangkan akreditasi Perguruan Tingginya adalah juga penting mempertimbangkan Perguruan Tinggi yang mempunyai lembaga atau unit yang mempersiapkan dan memfasilitasi alumninya mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan.

“Jadi ada dua hal yang menjadi kata kunci dalam menentukan pilihan kampus PTS tempat kuliah. Pertama adalah Akreditasi program studi minimal B dan kedua, Perguruan tingginya mempunyai lembaga/unit yang mempersiapkan lowongan kerja bagi alumninya,”katanya.

Kedua hal itu telah dimiliki USI dimana akreditasi institusi dan semua program studi B, serta ada Pusat Pengembangan Karir Universitas Simalungun (PPK-USI) sebagai lembaga yang mempersiapkan mahasiswa dan alumninya memasuki dunia kerja.(rel/fi)

USI