News

Musrenbang RKPD Asahan Digelar melalui Video Conference

FaseBerita.ID – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Asahan  Tahun 2021 untuk pertama kalinya dilaksanakan  melalui Video Conference (VidCon) dan dibuka oleh Bupati Asahan H Surya BSc, dari ruang kerja Bupati Asahan, Selasa (14/4).

Kepala Badan Perencanaan Pembangnan Daerah, Zainal Arifin Siagian menyampaikan pelaksanaan Musrenbang kali ini, melalui media Video Conference (VidCon) yang terhubung langsung dengan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi  Sumatera Utara di Medan, serta seluruh Kepala OPD di Kantor Masing masing  , Camat dan Lurah se Kabupaten Asahan di Kantornya Camat Masing masing.

“Musrenbang RKPD Kabupaten Asahan adalah untuk membahas dan menyepakati Prioritas Pembangunan Daerah serta Pagu Indikatif berdasarkan musrenbang yang dilaksanakan mulai dari tingkat desa sampai tingkat Kecamatan  beberapa waktu yang lalu” ucap Zainal.

Zainal juga menjelaskan bahwa Pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2021 dilaksanakan tanggal 14 s/d 15 April 2020.

Dalam arahannya H Surya mengatakan, karena wabah Covid-19 pelaksanaan musrenbang digelar secara VidCon. Namun hal ini tidak mengurangi keseriusan kita dalam menyusun musrenbang RKPD Kabupaten Asahan Tahun 2021.

Lebih lanjut Bupati mengatakan Pelaksanaan Musrenbang tahun ini dilaksanakan dalam kondisi yang sangat memperihatinkan karena adanya pandemi Covid 19, sehingga kegiatan  kita sesuaikan  dengan surat edaran Mendagri Nomor 440/2552/SJ tanggal 23 Maret 2020 tentang pelaksanaan musrenbang RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang harus tetap dilaksanakan dan dilakukan melalui Video Conference dan tetap memgindahkan Protokol Penanggulangan Covid 19.

“Kita tidak boleh lengah menghadapi Covid-19. Kita harus bijak menyikapi dalam kelanjutan pembangunan kedepan,” ujar H Surya.

Musrenbang kali ini, mengangkat tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia, Peningkatan Infrastruktur dan memperkuat Ketahanan Ekonomi dalam mewujudkan Asahan yang Religius, Mandiri dan Sejahtera”.

Dalam sambutannya Bupati menghimbau kepada seluruh Kepala OPD, dan ASN di Jajaran Pemerintah Kabupaten Asahan untuk berperan aktif dalam membantu Gugus Tugas Percepatan  Penanggulangan Covid 19 dengan membatasi kegiatan di luar rumah. (per/sr)