News

Musim Kemarau BPBD Tapteng Siagakan Satgas Pencegahan Kebakaran

TAPTENG, FaseBerita.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) nyatakan telah menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) pencegahan kebakaran di sejumlah titik rawan kebakaran.

Plt BPBD Tapteng Nanda Nasutuon mengatakan, penyiagaan Satgas itu dilakukan dibeberala kecamatan yang ada di Tapteng, dan itu menyikapi musim kemarau yang sedang berlangsung saat ini.

“Di kecamatan pinangsori, lumut, sukabangun, sorkam dan barus ada,” ucap Nanda.

Dijelaskannya, Satgas pencegahan kebakaran itu nantinya secara responsif melakukan langkah-langkah pencegahan maupun penanganan diwilayah yang telah ditentukan.

“Sudah kita sampekan kepada tenaga Satgas kita untuk mengimbau kepada masyarakat, supaya menghindari yang namanya pembakaran hutan melalui pembukaan lahan,” katanya.

Nanda juga menuturkan, pihaknya akan memprioritaskan antisipasi maupun menyampaikan himbauan kepada warga yang membuka lahan.

“Masyarakat yang buka lahan ini yang belum ada kontrol, jadi mungkin inilah kesempatan orang itu buka lahankan, apalagi kalau sampe satu hektar lebih, jadi kita sudah menghimbau agar menghindari pembakaran lahan,” tuturnya.

Disinggung mengenai potensi pembukaan lahan dengan cara membakar yang sering dilakukan oleh para pengusaha perkebunan, Nanda memastikan pemerintah daerah telah menekan kesepakatan dengan para pengusaha di daerah untuk tidak melakukan tindakan tersebut dan akan diberikan sanksi tegas bila melanggar.

“Kalau perkebunan itu sudah ada perjanjian dan peraturannya sama pihak pemerintah daerah, yang belum ada konrol warga yang buka lahan,” katanya. (dh)