News

MTQ Ke-47 Tingkat Kota Sibolga: Sibolga Selatan Juara Umum

SIBOLGA, FaseBerita.ID – MTQ Ke-47 Tingkat Kota Sibolga yang dibuka pada Selasa (19/03) lalu, akhirnya berakhir. Pada pembukaan sebelumnya, Pemko Sibolga selaku penyelenggaran kegiatan menghadirkan Trio Qori Hasibuan (Qori Internasional) yang tampil sangat memukau di hadapan warga Sibolga.

Sementara, untuk penutupan kali ini, Pemko menghadirkan duet Iqzal Zilham Ratsanjani Hasibuan, yang merupakan juara Nasional MTQ Tingkat Anak-anak dan Muhammad Hanafi Nasution, Juara Nasional MTQ Tingkat Provinsi Sumut.

Penampilan duet Zilham dan Hanafi dalam membaca ayat suci Al Qur’an pun, membuat para tamu dan undangan begitu terkesima, termasuk Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk MM dan Isteri Dra Delmeria Sikumbang yang merupakan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dan juga Calon Anggota DPR-RI.

Demikian pula dengan Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Isteri beserta seluruh unsur Forkopimda yang turut hadir pada penutupan tersebut. Bahkan, banyak tamu dan undangan yang memberikan hadiah berupa uang bagi Zilham dan Hanafi ketika hendak pamit dari acara sebagai bentuk kebahagiannya atas penampilan keduanya.

Tak hanya itu, penampilan Paskibra Pramuka Kota Sibolga dan Paduan Suara Madrasah Darur Rachmad pada Upacara Penurunan Bendera MTQ, menambah kesempurnaan tampilan Malam Penutupan MTQ Ke-47 Tingkat Kota Sibolga, yang disambut tepuk tangan para hadirin yang hadir.

Adapun hasil penilaian Dewan Hakim MTQ, setelah mengakumulasi seluruh nilai peserta perwakilan masing-masing kecamatan dari seluruh kriteria lomba, memutuskan Kecamatan Sibolga Selatan sebagai Juara Umum MTQ Ke-47 Tingkat Kota Sibolga Tahun 2019.

Yang lebih mengejutkan lagi, ketika dewan juri menyebut Kecamatan Sibolga Utara sebagai Peringkat Kedua Juara Umum. Ini merupakan yang pertama kalinya sepanjang sejarah perhelatan MTQ di Kota Sibolga, Kecamatan Sibolga Utara berhasil meraih juara.

Dalam sambutannya, Walikota menyampaikan apresiasinya kepada seluruh elemen masyarakat yang ikut berpartisipasi mensukseskan pelaksanaan MTQ ke-47 Tingkat Kota Sibolga Tahun 2019 tersebut. Dimana, meskipun berbeda agama, berbeda keyakinan dan berbeda suku, namun tetap bersatu, rukun dan damai.

“Tidak hanya dihadiri umat Islam, saudara-saudara kita umat Kristiani ikut merayakan pawai ta’aruf dengan membawa beras sipir ni tondi. Itulah tanda kebersamaan masyarakat warga kota Sibolga ini yang berbeda keyakinan, berbeda suku, berbeda adat istiadat,” kata Walikota.

Diapun mengajak seluruh umat beragama, untuk melaksanakan ibadahnya menurut keyakinannya. Namun senantiasa menghormati agama dan keyakinan orang lain. “Kita diperintahkan oleh Tuhan untuk melaksanakan ibadah menurut keyakinan agama kita. Tapi dilain pihak, agama kita juga mengajarkan, agar kita saling menjalin hubungan silaturahim sesama internal umat Islam, umat Islam dengan umat yang lain dan umat Islam dengan pemerintah,” imbuhnya.

Amatan, penutupan MTQ ke-47 Kota Sibolga tersebut ditandai dengan pemukulan bedug secara bergantian. Dimulai dari Walikota Sibolga, Bupati Tapanuli Tengah, Kajari Sibolga, Ketua DPRD Sibolga dan Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul. (ts)