News

Meriahkan HUT ke 74 Kemerdekaan RI, Dua Napi Lapas Klas IIB Pulau Simardan Bebas

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Walikota Tanjungbalai HM Syahrial bertindak sebagai Inspektur Upacara saat pemberian remisi umum kepada warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Pulau Simardan, pada peringatan HUT ke-74  Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019)

Walikota Tanjungbalai dalam sambutannya membacakan pidato tertulis Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly yang mengatakan, remisi merupakan salah satu sarana hukum yang penting dalam mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan.

Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari, yang dilakukan warga binaan yang taat selama menjalani pidana, lebih disiplin, produktif dan dinamis. “Tolak ukur pemberian remisi tidak didasarkan pada latar belakang pelanggaran hukumnya, akan tetapi didasarkan pada perilaku mereka selama menjalani pidana,” ujar walikota.

Kalapas Pulo Simardan Klas II B Tanjungbalai Jayanta dalam laporannya mengatakan, dari seluruh jumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP), sebanyak 1482 orang WBP di antaranya, napi pria sebanyak 1.128 orang, dan wanita 67 orang.

Sedangkan, napi anak sebanyak 287 orang. Dari WBP tersebut, terdapat dua napi yang langsung bebas pada HUT ke 74 Kemerdekaan RI. Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No. PAS 965 PK. 01.01.02 Tahun 2019, warga binaan yang mendapat remisi berjumlah 913 orang. 93 orang mendapat remisi 1 bulan, 106 orang remisi 2 bulan, 250 orang remisi 3 bulan, 226 orang remisi 4 bulan, 150 orang remisi 5 bulan, 8 orang remisi 6 bulan.

Terdapat juga 32 orang warga binaan yang menjalani subsider. Upacara dihadiri unsur Forkopimda Kota Tanjungbalai, Dandim 0208 Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Ropitno MTr (Hanla), Kajari Tanjungbalai Anak Agung Gde Satya Marakandeya, Ketua Pengadilan Agama Edy Harpony, Kepala BNNK Tanjungbalai AKBP Eddy Mashuri Nasution, Kepala Pengadilan Negeri Vera Yetti Magdalena, Kalapas Klas IIB Pulau Simardan Jayanta, serta para ASN dan pejabat di lingkungan Lapas Pulau Simardan. Acara diakhiri dengan penyerahan SK remisi secara simbolis oleh Walikota Tanjungbalai, dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Loka POM Gelar 5 Perlombaan

Loka POM Tanjungbalai mengadakan berbagai perlombaan yang melibatkan Keluarga Besar Loka POM Tanjungbalai, dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Lomba HUT Kemerdekaan RI ini dilaksanakan di halaman Kantor Loka POM Tanjungbalai, ada lima perlombaan yakni, lomba makan kerupuk, lomba estafet kelereng, lomba mencari bola mas, lomba menggiring bola, lomba estafet tepung, Jumat (16/8/2019).

Kepala Loka POM Tanjungbalai Denny S Purba SSI Apt mengatakan, pihaknya menggelar berbagai lomba bertujuan untuk memupuk jiwa patriotisme, nasionalisme, serta membangun kebersamaan.

“Semoga dengan kegiatan itu, juga melestarikan tradisi dan budaya masyarakat, bahkan semakin mempererat silaturrahim dan kekeluargaan di kalangan Loka POM Tanjungbalai Jumat (16/8/2019). (ck-04/ahu)