News

Menyambut Kedatangan Menlu China di Parapat, Forkopimcam Sterilkan Lokasi

FaseBerita.ID – Menteri luar negeri dari Negara Tirai Bambu China ‘Republik Rakyat Tiongkok’ (RRT) Wang Yi dijadwalkan ke Danau Toba Parapat, Selasa – Rabu, 12 hingga 13 Januari 2021.

Forkopimcam Girsang Sipanganbolon melakukan langkah pengamanan dengan mensterilkan obyek yang akan dilewati Menlu, dengan menghimbau penutupan sementara kios para pedagang di kawasan Jalan Marihat dan Jalan Pora pora Kelurahan Tigaraja Kecamatan Girsang Sipanganbolon.

Himbauan penutupan kios pedagang ini dituangkan dalam surat forkopimcam No: 001/forkopimcam/I/2021, yang ditandatangani oleh Kapolsek Parapat Iptu Hosea Ginting, Camat Girsang Sipanganbolon Eva Suryati Ulyarta dan Danramil Parapat Kapten Rudianto.

“Kita melakukan imbauan itu dengan pertimbangan dan sesuai protokoler yang kita terima juga, biar bagaimanapun Menlu itu adalah tamu Negara kita dan perlu dijaga kenyamanan dan kekondusifannya sesuai permintaan pimpinan,”kata Camat Girsang Sipanganbolon Eva Suryati.

“Jadi himbuan penutupan kios selama tiga hari itu, berhubung karena datangnya tamu negara kita menuju Pasanggarahan Istana tempat pengasingan Bung Karno dulu,” katanya.

Untuk itu sesuai instruksi dari pemerintah pusat dan seluruh jajaran pemerintah yang terkait saat pembahasan melalui zoom meeting, dalam menyambut lawatan Menlu China maka rute yang dilewati dihimbau untuk disterilkan dan lokasi yang mengundang kerumunan ditutup sementara karena berhubungan dengan protokol kesehatan.

Eva juga mengatakan bahwa lokasi kios yang dihimbau tutup sementara, termasuk areal yang dilarang untuk berjualan saat ini dimana dalam tahap renovasi.

“Lokasi kios yang kita himbau untuk ditutup merupakan areal larangan untuk berjualan namun karena sudah ada relokasi kios bagi pedagang warga, maka saat kita minta kios ditutup sementara. Kami berharap agar warga mengerti dan mengindahkannya demi kenyamanan bersama,” ujar Eva Tambunan. (aos/esa)

USI