News

Menteri PPN: Jangan Takut saat New Normal, Utamakan Protokol Kesehatan

FaseBerita.ID – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengingatkan kepada masyarakat agar menjaga kebersihan diri. Salah satunya adalah dengan tidak menggunakan pakaian yang sama setelah beraktivitas di luar rumah.

Kata dia, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan dalam menjalani new normal nanti. Modal awal yang harus dimiliki adalah siap menjaga kebersihan diri sendiri, keluarga hingga orang di sekitar.

“Kalau kita nanti setelah beraktivitas di luar rumah, kita kembali, jangan lupa kita untuk mandi, kemudian seluruh baju, pakaian yang kita kenakan itu (di luar rumah) benar-benar dicuci, tidak perlu digantung-gantung lagi, tidak perlu untuk dipakai lagi, pakai yang baru untuk keesokan harinya,” ujarnya dalam telekonferensi pers BNPB, Selasa (2/6) lalu.

Adanya kebijakan new normal, tentunya membuat kita bisa kembali beraktivitas di luar rumah. Akan tetapi, seluruh masyarakat diwajibkan untuk beraktivitas menggunakan standar protokol kesehatan, seperti menggunakan masker hingga rajin mencuci tangan.

“Kita akan beradaptasi dengan kehidupan yang bersama-sama Covid-19, untuk apa (ikut standar protokol kesehatan), untuk mencegah agar penularannya tidak semakin meluas,” tambaj dia.

Ia pun berharap agar Indonesia bisa lebih cepat mengatasi pandemi ini, setidak-tidaknya kita bisa mengendalikan virus. Maka dari itu, setiap masyarakat, siapapun dia, pihaknya meminta untuk bersama-sama berpartisipasi mengambil peranan sekecil apapun.

“Yang terkecil itu adalah sekali lagi menggunakan masker, tidak bosan-bosannya mencuci tangan dan jangan lupa untuk menjaga jarak dengan orang disekitarnya, itu penting jadi tidak terlalu rumit bukan?,” katanya.

Tidak Ada Cipika-cipiki

Suharso Monoarfa pun menuturkan bahwa masyarakat harus beradaptasi dengan new normal. Di mana segala aktivitas akan didampingi dengan protokol kesehatan.

“Jangan lupa kita menggunakan masker. Masker ini kita pakai ketika kita bertandang ke rumah dan ketika kita akan bekerja di luar dan tidak perlu lagi ada cipika cipiki, kita cukup dengan salam,” kata dia.

Kedisiplinan juga menjadi penting, tanpa adanya hal tersebut, menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan akan sulit untuk dilakukan. Maka dari itu, masyarakat harus membiasakan diri terlebih dahulu dalam menerapkan protokol kesehatan.

Suharso kembali mengingatkan bahwa menjalani new normal bukanlah suatu yang rumit. Sebab, saat ini masyarakat pun tengah menjalankannya. “Sekali lagi tidak ada hal yang rumit di dalam beradaptasi dengan kebiasaan kebiasaan baru, dalam kehidupan yang akan datang, itu hanya tinggal beberapa pekan, beberapa hari untuk daerah mungkin sudah ada yang mempraktekkannya,” tutupnya. (jp)