News

Menjamur di Tanjungbalai Pertamini Dinilai Ilegal

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Pertamini atau kerap disebut penjual minyak eceran jenis pertalite maupun bensin di Kota Tanjungbalai dianggap ilegal karena keberadaannya tidak dilindungi peraturan daerah (Perda) Kota Tanjungbalai.

Meski disebut ilegal penjual minyak eceran ini penting sekali sebagai perpanjangan tangan penjualan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dan bensin kepada masyarakat. Beberapa warga mengakui bahwa usaha pertamini milik mereka memang tidak mengantongi izin.

Pemilik usaha pertamini ini dipanggil akrab biasa disebut namanya Bapak Buaya, warga Jalan Sudirman Km 2 mengakui bahwa keberadaan pertamini ini ataupun dinamakan pom mini tidak mengantongi izin usaha. “Belum ada ijin usahanya,” jelas pria paruh baya tersebut.

Kalau pemerintah Kota Tanjungbalai memang mengharuskan membuat izin usaha sesuai dengan prosedur peraturan dan perundang-undangan yang ada.

Gerobak pertamini ini diolah atau dirakit sedemikian atau dipesan langsung tempat pengolahannya di Jalan Teluk Nibung atau di Jalan Selat Lancang. Buaya menambahkan bahkan bukan di sini saja yang berjualan minyak eceran pertamini ini banyak juga di jalan-jalan lain seperti di Jalan Teluk Nibung Jalan Pasar baru, Pancakarsa dan Jalan Alteri dan masih banyak lagi.

“Kita siap menjalani peraturan itu dari pemerintah Kota Tanjungbalai. Ada hal baiknya juga tidak sembarangan menjual minyak eceran khususnya di Kota Tanjungbalai ini,” ungkapnya.

Menurut hemat Buaya, keberadaan pertamini cukup membantu masyarakat Tanjungbalai dalam halnya tidak ingin mengantri di SPBU karena sedang terburu-buru ataupun lagi di saat mendorong kenderaan bermotor karena kehabisan minyak dan pertamini ini juga buka 24 jam.

Agus, masyarakat Kota Tanjungbalai saat mengisi BBM Pertamini mengatakan, kalau dibuat peraturannya bisa buat pendapatan daerah juga (PAD). Hal ini jangan terlalu tinggi harga izinnya. Lihat juga usahanya jenis apa dan berapa pendapatan sehari.

Agus menambahkan para pemilik usaha pertamini di zaman era maju sekarang inikan sangat dibutuhkan dengan keberadaannya membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pengisian bahan bakar minyak pertalite atau bensin kenderaan bermotor. (ck02)

USI