News

Menikmati Alam dengan Bersepeda ala KSP Sibolga

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Cara untuk menikmati keindahan alam memang sangat banyak, salah satunya dengan bersepeda. Kegiatan inilah yang dilakukan oleh anggota Komunitas Sepeda Pemko (KSP) Sibolga, Jumat (13/9) dan Sabtu (14/9/2019) lalu.

Selain untuk berolah raga dan hobi, ternyata bersepeda dapat menyatukan antara manusia dengan alam. Kegiatan bersepeda yang dilakukan di hari libur ini mengambil rute menyusuri wilayah Siborongborong, Tapanuli Utara menuju Balige, Toba Samosir.

Apalagi rute atau wilayah yang dilalui memang mempunyai pemandangan alam yang exotis, dimana sepanjang jalan yang dilalui berbatasan perbukitan yang asri dan pantai Danau Toba yang indah dan membuat suasana sangat menyatu dengan alam.

Rombongan klub sepeda ini dipimpin Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk dan diikuti para asisten, staff ahli, maupun ASN dan pihak lainnya yang beraktiftas di lingkungan Pemko Sibolga.

Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk mengatakan, kegiatan olahraga bersepeda ini akan terus dilaksanakan, karena selain dapat menjaga kesehatan dan kebugaran juga dapat menyatukan antara manusia dengan alam (back to nature).

“Kita menghabiskan hari libur dengan olahraga bersepeda melewati hijaunya hutan yang berpadu langit biru dengan latar perbukitan dan Danau Toba yang indah di Taput dan Tobasa,” jelas Syarfi.

Menurut Syarfi, kehadiran mereka di Balige juga sekaitan memenuhi undangan Karnaval Pesona Danau Toba Tahun 2019, sebagaimana surat Bupati Tobasa Nomor 556/711/Parbud/2019 tertanggal 29 Juli 2019 perihal Karnaval Pesona Danau Toba Tahun 2019. “Sehingga kita berinisiatif memakai sepeda selain alat transportasi lainnya.

Apalagi bersepeda merupakan salah satu olahraga yang disukai banyak orang. Saat ini, bahkan tak sedikit orang yang menggunakan sepeda dalam kesehariannya, seperti pergi bekerja, ke sekolah ataupun berbelanja,” pungkas Syarfi.

Selain bersepeda di perkotaan, sambungnya, ‘gowes’ di alam terbuka juga banyak dipilih oleh banyak orang, seperti yang dilakukan KSP Sibolga. “Melewati pemandangan yang indah, naik turun perbukitan, melihat hijaunya alam dan perkebunan hingga menyeberangi sungai memang memiliki sensasi tersendiri bagi para pecinta sepeda,” ujarnya.

Sebelumnya, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sibolga Denni Aprilsyah Lubis menjelaskan, hari Jumat (13/9), walikota, sekda dan pimpinan OPD beserta jajarannya berangkat dari Sibolga menggunakan mobil hingga di Siborongborong. “Berangkat sekira pukul 10.00 WIB dari Sibolga, rombongan tiba pada pukul 12.30 WIB di Siborongborong, tepatnya di Masjid Taqwa untuk menunaikan sholat Jumat,” jelasnya.

Usai sholat Jumat, sambungnya, rombongan kembali melanjutkan perjalanan dengan menggunakan sepeda hingga tiba di Balige, Kabupaten Toba Samosir. “Di Balige, rombongan mengelilingi ruas-ruas jalan Kota Balige, kemudian mengitari Pantai Pasir Putih di desa Janji Maria untuk menikmati semilirnya angin yang berhembus,” jelasnya.

Menurut Denni, pada malam harinya Walikota HM Syarfi Hutauruk dan rombongan menjamu Bupati Tobasa Darwin Siagian yang dalam hal ini dihadiri Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus beserta sejumlah pimpinan OPD Pemkab Tobasa. “Saat itu, Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk memperkenalkan makanan khas Sibolga, di antaranya kue koci, kue talam jelok, katupek dan makanan khas Sibolga lainnya,” katanya.

Amatan wartawan, pejabat dua daerah itu terlihat akrab bersama-sama membakar ikan panggang paccak khas Sibolga, dimana ikan laut yang dibakar juga dibawa dari Sibolga. “Biasanya jika kita berkunjung ke sebuah daerah sebagai tamu, kita dijamu. Maaf malam ini kami yang menjamu rombongan teman-teman Tobasa ya. Ini bagian dari promosi Pemko Sibolga,” tandas Syarfi disambut tawa ringan dan tepuk tangan rombongan Pemkab Tobasa. (rb)