News

Mengaku Dukun dan Tentara, Menipu Bermodus Jual Obat

ASAHAN, FaseBerita.ID – Tidak tanggung-tanggung aksi yang dilakukan TH (45) warga Mutiara, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan. Selain mengaku sebagai dukun, dia juga mengaku anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan bertugas di Kodim 0208/Asahan.

Bermodalkan ‘dua profesi’ itu, TH menipu sejumlah warga Desa Pinang Gripan, Kecamatan Air Batu dengan modus menjual obat seharga jutaan rupiah. Namun ternyata obat tersebut tidak berkhasiat. Akhirnya TH ditangkap warga Desa Pinang Gripan, Rabu (4/9/2019).

Kepala Desa Pinang Gripan Yanto di kantor kepala desa, mengatakan seorang pria yang ditangkap disebut-sebut telah menipu puluhan warga. Karena kesal, warga menangkap dan sempat emosi. Menurut warga, TH mengaku sebagai dukun yang bisa menyembuhkan penyakit dan telah menerima uang jutaan rupiah.

“Dia mengaku bisa menyembuhkan penyakit katarak, asam urat, dan stroke, baik laki laki maupun perempuan. Namun setelah uang diserahkan, tidak ada khasiat obat yang dirasakan pasiennya,” sebut warga.

Ratusan warga yang sebagian merupakan korban sempat memukuli TH yang sudah diamankan ke kantor kepala desa. Bahkan warga sempat memaksa TH meminum obat yang dijualnya.

Serka Rahmad selaku Komandan Babinsa Koramil 12 Air Batu, yang turut berada di lokasi dan mengamankan TH dari amukan warga mengatakan, pihaknya ikut mengamankan pria itu karena mengaku anggota TNI. Namun setelah dipastikan, ternyata bukan anggota TNI. (tim)

iklan usi