News

Mendukung Pembangunan Monumen Marga Silaban

Pembukaan Akses Jalan Salahsatu Agenda

HUMBAHAS, FaseBerita.ID– Gagasan rencana pembangunan monumen Borsak Junjungan Silaban di Dusun I, Desa Tipang Kecamatan, Baktiraja,Humbang Hasundutan (Humbahas) bertujuan untuk menguatkan rasa persatuan dan kesatuan keturunan marga Silaban di seluruh dunia.

Untuk kemudahan rencana itu, dibutuhkan persiapan fasilitas pendukung, salahsatunya adalah membuka akses jalan ke tanah peninggalan leluhur Marga Silaban.

“Dengan didasari meminta doa kepada Tuhan yang Maha Esa agar rencana mempersatukan Marga Silaban dan Boru di dalam satu visi misi,” Kata Tonny S, Ketua Borsak Junjungan di Bonapasogit dalam acara silaturahmi marga Silaban di Bonapasogit di Baktiraja¬† Rabu,(24/2).

Disebutkannya, nantinya, meletakkan rencana awal melalui doa syukuran marga Silaban dengan berbagai rencana yang berkelanjutan. “Kita sepakat membuka akses jalan menuju peninggalan leluhur. Dengan dibukanya akses jalan maka akan membuka rencana berkelanjutan, semisal dengan doa syukuran berkat untuk semua keturunan marga Silaban,” tutur Tonny.

Hasil dari kegiatan ini mengisyaratkan kepada keturunan Borsak Junjungan, Datu Bira, Datu Mangambit dan Datu Guluan di Bona Pasogit dan Dunia menjadi sinyal mengingatkan pentingnya persatuan dan kesatuan.

“Banyak hasil yang diharapkan dari semua acara ini. Sehingga melahirkan ide-ide baru untuk marga Silaban serta berjalan di dalam cinta kasih untuk saling mengasihi,” tuturnya.

Tentang rencana pembangunan monumen Marga Silaban di lokasi situs leluhur, seperti yang sudah dilaksanakan Borsak Sirumonggur dan Borsak Mangatasi.

“Semua rencana itu akan direstui oleh Tuhan, ketika Marga Silaban seia-sekata. Dan hasil semua rencana ini akan menjadi berkat. Untuk marga Nababan dan lumbantoruan yang telah melakukan pembangunan monumen, kita meminta dukungan doa agar rencana kita berjalan dengan baik,” kata Manat Silaban, tokoh adat marga Silaban.

Dalam rencana ini, tetap bersatu padu. Hilangkan perbedaan, jadikan sebagai kekuatan agar terlaksana sesuai dengan rencana,” ujar Bangun Silqban, Ketua Marga Silaban Kabupaten Humbahas,Bangun di lokasi pembukaan jalan.

Ritual adat dilaksanakan di lokasi pembukaan akses jalan menuju lokasi situs leluhur marga Silaban, dihadiri puluhan marga Silaban dan unsur pimpinan kecamatan Baktiraja. (sht/fabe)

USI