EkonomiNews

Mendes: Ada 11 Kabupaten Belum Salurkan BLT Dana Desa Sama Sekali

FaseBerita.ID – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyampaikan, bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa per 15 Juni 2020 telah disalurkan ke sebanyak 65 ribuan desa. Jumlah tersebut sudah mencapai 88 persen dari total 74 ribuan desa.

“Jadi naik, tepatnya ada 65.711 atau 88 persen dari 74.953 desa,” kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar dalam konferensi pers virtual, Selasa (16/6).

Kemudian, lanjutnya, jika dilihat dari jumlah kabupatennya, sudah ada 277 kabupaten yang menyalurkan 100 persen BLT Dana Desa. Namun ternyata, terdapat 11 kabupaten yang sama sekali belum menyalurkan dana desa.

“Ada 95 kabupaten yang sudah menyalurkan 75-99 persen, kemudian ada 24 kabupaten kota penyalurannya 50-74 persen, ada 27 yang 1-49 persen, dan ada 11 kabupaten yang masih nol,” tuturnya.

Abdul Halim menjelaskan, sebanyak 11 kabupaten yang belum menyalurkan BLT DD paling banyak tersebar di provinsi Papua, Papua Barat, hingga Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sementara itu, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah menerima BLT-DD tercatat sebanyak 6.881.778 KPM. Dengan demikian, anggaran BLT DD yang disalurkan mencapai Rp 4,129 triliun.

Dia mendorong pemerintah desa segera melakukan musyawarah desa khusus (Musdesus) untuk menetapkan keluarga penerima manfaat (KPM) BLT Dana Desa. Setelah daftar ini diumumkan, langsung BLT DD siap dibagikan kepada KPM.

Sementara itu, untuk proses monitoring dan evaluasi akan dibantu oleh badan permusyawaratan desa, camat, dan inspektorat kabupaten/kota. Namun, penanggung jawab penyaluran BLT tetap di tangan kepala desa setempat. (JP)

USI