News

Mencuri di Kantor Diskominfo Labuhanbatu: Berdamai, Pelaku Ganti Mesin AC

FaseBerita.ID – Pelaku pencurian mesin Air Conditioner (AC) di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu telah berdamai dengan mengganti 3 unit mesin yang berhasil mereka curi beberapa waktu lalu.

Hilangnya mesin AC di kantor tersebut, terjadi pada Senin (13/4) dini hari. Namun berselang beberapa hari pihak Polres Labuhanbatu berhasil menangkap pelaku.

“Ya, keluarga pelaku telah mengganti dengan mesin AC yang baru sebanyak 3 unit yang mereka curi dari kantor Diskominfo Labuhanbatu, 2 unit dan di Kantor Radio RSPD 1 unit,” ujar Plt Kadis Kominfo Labuhanbatu Rajid Yuliawan, Jum’at (1/5/2020) melalui seluler pribadinya.

Namun uniknya, Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu AKP Parikhesit saat dikonfirmasi terkait perkembangan kasus tersebut akan memberikan informasi kepada pelapornya.

“Nanti kita infokan via sp2hp kepada pelapornya,” jawabnya singkat melalui Whatsapp pribadinya, Kamis (30/4/2020).

Saat disinggung, informasi perdamaian antara pelaku dan korban pencurian mesin AC tersebut, dan apakah kini pelaku masih ditahan atau dilepaskan, AKP Parikhesit hanya berjanji akan mengecek terlebih dahulu perihal tersebut. “Oke bang, Nanti kita cek,” tambahnya.

Informasi dihimpun, ketiga diduga kuat sebagai pelaku pencurian dengan pemberatan (curat), tersebut yakni, RA Alias Kunyu, (21) warga Jalan Ahmad Ridho Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Selatan.

Kemudian, MH Alias Dayat, (18) warga Dusun Perbaungan Kecamatan Bilah Hulu dan WHS Alias Bayu, (33) warga Jalan Perisai Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu.

Tiga orang diduga kuat sebagai pelaku pencurian mesin AC Kantor Diskominfo Labuhanbatu saat diamankan polisi. Ketiganya berhasil dibekuk oleh Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Sat Reskrim Polres Labuhanbatu di Jalan A. Ridho Kelurahan Bakaran Batu, Kamis (16/4/2020).

Adapun barang bukti dari hasil penangkapan terhadap yaitu, 1 Mesin AC Sharp dan 1 Mesin AC Panasonic. Kemudian, sebuah tang potong, kunci 12-13, dan sepeda motor Honda tanpa plat yang dipakai untuk melancarkan aksi mereka.

“Kerugian ditaksir Rp 8 juta lebih dari pencurian AC tersebut,” kata Kapolres Labuhanbatu, AKBP Agus Darojat melalui Kasat Reskrim AKP Parikhesit.

Kasat menjelaskan, ketiganya ditangkap atas laporan Anggi Paramita/ Korban (Diskominfo) kepada polisi dengan bukti LP/504/IV/2020/SPKT/RES-LBH. Tanggal 16 April 2020.

Awalnya, pada Senin (13/4/2020) sekira pukul 08.30 Wib, saat korban tiba dikantornya, ia mendapatkan informasi dari Royani mesin AC di ruangan tidak ada lagi.

Selanjutnya, korban memastikannya dengan mengecek kembali ke ruangan itu. Setelah dicek, ternyata benar adanya AC tersebut telah hilang. Lalu korban melaporkannya ke Polres Labuhanbatu.

Selanjutnya, tim melakukan penyelidikan. Hasil penyidikan di lapangan, petugas mendapatkan informasi tentang keberadaan tersangka Kunyu sedang berada di rumahnya. Kemudian Tim langsung bergerak cepat ke TKP dan berhasil mengamankannya.

Tim kemudian melakukan pengembangan. Dari hasil pengembangan yang ada, tim berhasil mengamankan tersangka lainnya berikut barang buktinya. Dan saat diinterogasi, ketiganya mengakui perbuatannya telah mencuri.

“Tersangka berikut barang bukti langsung kita bawa ke Mapolres guna penyelidikan lebih lanjut,” jelasnya.

Sebelumnya, Mesin Air Conditioner (AC) milik kantor Dinas Kominfo Labuhanbatu, y

ng terletak di Komplek Kantor Bupati Labuhanbatu Jalan Gouse Gautama, lenyap di curi maling.
Plt Kadiskominfo Labuhanbatu Rajid Yulianto kepada wartawan mengatakan, hilangnya 2 unit mesin AC milik kantor Diskomimfo diperkirakan hari Senin (13/4) dini hari.

“2 mesin AC yang terletak diluar kantor yakni untuk Ruangan saya dan ruang staf yang hilang,” ujarnya.

Lanjut dia, sudah kita cek CCTV, ada kelihatan 3 orang pria terlihat sedang mengambil AC di maksud. Dan sudah kita laporkan ke Polres Labuhanbatu. “Kita berharap secepatnya pelaku bisa tertangkap,” ujar Rajid. (bud/rah)