News

Memulai Gerakan Kampanye Hijau

KISARAN, FaseBerita.ID – Plt Bupati Asahan H Surya BSc, mengajak seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk aktif melakukan gerakan penghijauan melalui kampanye hijau dimulai dari lingkungan pekarangan kantor. Kampanye itu dimulai dari halaman kantor Bupati Asahan ditandai dengan penanaman pohon, Selasa (2/7/2019).

Bersama Sekretaris Daerah Taufik Zainal Abidin SSos MSi, dan seluruh pimpinan perangkat daerah Surya langsung menginstruksikan jajarannya agar ikut meramaikan gerakan menanam itu.

“Ini harus diikuti oleh semua instansi dan dinas untuk melakukan penanman pohon, dinulai dari sini,” jelas Surya.
Menurut Plt Bupati, kegiatan penanaman pohon sebagai gerakan penghijauan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan serta keselarasan oksigen. Gerakan penghijauan ini juga sebagai paru-paru kota dimana pertumbuhannya menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan makhluk hidup.

“Program penghijauan ini sementara di sekitar kantor bupati. Selain itu, kegiatan penghijauan ini untuk mendukung program pemerintah dalam gerakan Indonesia menanam pohon, menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi dampak pemanasan global,”ujarnya.

Manfaat penghijauan juga dapat sebagai pengatur lingkungan, menyerap polusi dan menyaring debu sehingga dapat menimbulkan udara yang sejuk dan nyaman.

“Dengan penghijauan bisa membuat jalan menjadi teduh dan sejuk, menyerap debu serta membuat indah nyaman dan sehat bagi lingkungan,” ujar Plt Bupati.

Disamping itu Plt Bupati juga mengimbau kepada seluruh OPD agar dapat memanfaatkan halaman kantornya masing masing untuk ikut menggalakkan gerakan tanam pohon yang di canangkan pemerintah. Dan lebih jauh beliau mengimbau kepada masyarakat untuk dapan memanfaatkan lahan pekarangan yang masih kosong untuk di tanam dengan tanaman yang bermanfaat.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup Bambang HS menyebutkan adapun jenis pohon yang di tanam antara lain Tabebuya, Plamboyan, Bunga Tanjung, Glodokan Tiang yang keseluruhannya berjumlah 42 Pohon. (per)