News

Mayat Mr X di Perladangan, Badan Terbakar Tulang Iga Patah

FaseBerita.ID – Warga Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dihebohkan dengan penemuan jasad pria dengan tubuh dan wajah penuh luka bakar dan sudah mulai membusuk pada Minggu (5/5) siang.

Jasad pria yang diduga meninggal akibat penganiayaan dengan kekerasan itu ditemukan warga di Desa Gasaribu perladangan, tepatnya di daerah gapura Selamat datang di Desa Gasaribu Kecamatan Laguboti, Tobasa.

Pria tanpa identitas itu diperkirakan berusia 40 tahun, mengenakan kemeja lengan panjang warna putih, celana warna biru dongker dalam kondisi terbakar.

Kapolsek Laguboti beserta Camat Laguboti dalam penemuan itu menjelaskan, jasad pertama kali ditemukan oleh seorang warga setempat.

Kaget dan takut melihat sosok mayat, masyarakat pun berteriak memanggil warga lalu menghubungi kepala desa yang kemudian melaporkan temuan ke Polsek dan Camat Laguboti.

“Hasil pemeriksaan sementara, ditemukan luka bakar pada leher dan sekujur tubuh korban. Selanjutnya jenazah korban dievakuasi dan langsung dibawa ke RSU Porsea” sebut Kapolsek Laguboti.

Rabu (8/5), jenazah Mr X kemudian dibawa ke Instalasi Jenazah dan Kedokteran Forensik RSUD dr Djasamen Saragih Kota Pematangsiantar untuk keperluan otopsi.

Menurut salah seorang personel kepolisian yang ikut mengantar jenazah, pasca penemuan jenazah tersebut, pihaknya langsung melakukan olah TKP. Namun tidak ada ditemukan identitas apapun milik korban.

Kemudian jenazah disemayamkan di RSUD Porsea. Namun setelah beberapa hari di sana, tidak ada warga yang mengaku mengenali jenazah, meski polisi sudah berupaya mencari keluarga korban.

“Terakhir jenazahnya dibawa ke RSUD dr Djasamen Saragih ini untuk diotopsi,” jelas oknum polisi yang enggan menyebut identitasnya tersebut.

Ia juga mengaku belum mengetahui pasti apa penyebab kematian pria tanpa identitas tersebut. “Belum diketahui penyebabnya. Masih dalam lidik,” katanya.

Sementara dr Reinhard Hutahaean SPF SH, Kepala Instalasi Jenazah dan Kedokteran Forensik RSUD dr Djasamen Saragih membenarkan adanya luka bakar pada jazad korban. “Ada trauma di badan, luka bakar di bagian dada hingga perut. Baju yang dikenakan korban juga terbakar,” kata Reinhard.

Ia juga mengakui ada kesulitan yang dialami untuk mengetahui usia korban. Sebab saat ini, banyak gigi pada jenazah Mr X itu yang sudah rompal dan mengalami pembusukan, termasuk pada tulang tengkorak. “Meski begitu, kita prediksi korban ini berusia sekira 40-an tahun.”

Reinhard juga mengakui adanya tulang iga yang patah pada jasad korban. “Tulang iga yang patah itu adalah tulang iga ke lima. Itu cenderung disebabkan karena kekerasan benda tumpul,” tukasnya.(mk/mag-03/pra/hez/int)

USI