News

Masyarakat Diminta Menerima Kehadiran Pasien Covid-19 Sembuh

FaseBerita.ID – Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan didampingi Direktur RSUD Tarutung dr Janri Nababan dan Kepala Dinas Kesehatan Alexander Gultom mengunjungi dua pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh, bertempat di halaman Rumah Sakit Umum Daerah Tarutung.

“Kita akan memulangkan kedua pasien yang sudah benar-benar sembuh ke rumahnya. Kami harapkan agar pasien yang sudah sembuh ini agar dapat diterima masyarakat dengan baik. Penyakit ini bisa disembuhkan, pasien yang sudah sembuh jangan dijauhi, kita sudah berhasil menyembuhkan kedua ibu ini. Kita berdoa kedepannya Tapanuli Utara lebih baik menangani penyebaran Covid-19 karena kita sudah memiliki laboratorium dan alat uji PCR Swab. Saya mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat untuk tetap waspada, tetap menjaga protokol kesehatan,” ucap Nikson Nababan, Selasa (9/6).

Bupati juga menjelaskan beberapa program kerja terkait penanganan penyebaran covid-19 termasuk penanganan dampak pandemi ini. “Kita sudah memiliki alat laboratorium, kita bisa swab test dan hasilnya bisa lebih cepat keluar. Artinya, dari sisi sarana prasarana kesehatan kita sudah lebih optimal. Pekerjaan kita selanjutnya adalah bagaimana menjaga ketahanan pangan dan bagaimana kita melaksanakan recovery ekonomi tentu ada kaitannya juga dengan new normal,” ucapnya.

“Pasien yang telah berhasil kita sembuhkan sampai saat ini, ditangani secara gratis tidak dikenakan biaya kepada para pasien. Kita harapkan kedepannya ada dana alokasi khusus untuk rumah sakit rujukan Covid-19 untuk mrndukung APBD kita,” tambah bupati.

Kepada EL dan JS, kedua tenaga kesehatan yang dipastikan sudah sembuh tersebut, bupati berpesan agar mereka tetap semangat dan dapat kembali bekerja dan beraktifitas seperti semula. “Semoga inang berdua ini tetap sehat dan dapat bekerja seperti semula. Sekali lagi saya pesankan agar masyarakat dapat menerima dengan baik, saya pastikan kedua ibu ini sudah sembuh,” pesan bupati.

Direktur RSUD menyampaikan bahwa dua pasien tersebut akan dikembalikan ke rumah masing-masing setelah diisolasi sejak tanggal 19 Mei yang lalu. “Sesuai Swab ketiga kalinya dari kedua pasien EL dan JS yang dikirimkan ke Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara bahwa hasilnya adalah negatif. Saat ini ada dua pasien yang kita isolasi dengan status ODP,” jelas Direktur RSUD dr Janri Nababan.

Pada kesempatan tersebut, bupati juga meninjau pelaksanaan pembenahan di RSUD termasuk pembangunan infrastruktur jalan, dan berpesan agar pekerjaan tersebut selesai dengan baik sehingga mendukung kenyamanan dan juga pelayanan RSUD tersebut. (as)

USI