News

Masjid Agung Sibolga Disemprot Cairan Disinfektan

FaseBerita.ID – Masjid Agung Kota Sibolga disemprot cairan disinfektan untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Penyemprotan dilakukan sebelum pelaksanaan Sholat Jumat di masjid itu, Jumat (20/3) pagi. Tak hanya Masjid Agung, sejumlah masjid lainnya di kota berjuluk Negeri Berbilang Kaum itu juga dilakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Penyemprotan cairan disinfektan itu sendiri dilakukan Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan unsur TNI/Polri, seperti Dandim 0211/TT Letkol Dadang Alex, Kapolres Sibolga AKBP Triyadi, Kasat Reksrim Polres Sibolga AKP Dahrun Harahap, Kasat Sabhara AKP Gudo Siswoyo, Kasubbag Humas Polres Sibolga Iptu R Sormin, Kasat Binmas Iptu Daniel Makawangkel, dan KBO Sat Intelkam Ipda M Sinaga, serta personil TNI/Polri lainnya.

Selain lantai ruang tempat sholat, para petugas juga menyemprot ruang lainnya yang ada di dalam masjid, mimbar, dan lain sebagainya demi keamanan pelaksanaan Sholat Jumat. Penyemprotan berakhir sekira pukul 11.00WIB.

“Adapun penyemprotan cairan disinfektan di Masjid Agung Sibolga ini sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 khususnya pada pelaksanaan Ibadah Sholat Jumat yang menghadirkan banyaknya jamaah yang saling berinteraksi dan berpaparan. Sehingga virus tersebut berpotensi menular dari satu orang ke orang lainnya,” ungkap Kadis Kesehatan Kota Sibolga Firmansyah Hulu kepada media ini di ruangan kerjanya.

Amatan, meski sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa menunda sementara Sholat Jumat, dan digantikan menjadi Sholat Zuhur sebagai bentuk pencegahan virus Corona atau Covid-19, namun tidak menyurutkan semangat warga di kota itu untuk melaksanakan ibadah Sholat Jumat.

Bahkan Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, juga bersama Khatib dan Imam Sholat Jumat dan juga Ketua MUI Kota Sibolga H Aswad diabadikan sesaat setelah sholat di Masjid Al Akbar Kota Sibolga yang berada di komplek Kantor Walikota.

Sholat Jumat berjamaah di tempat itu terasa berbeda karena dibarengi dengan Qunut Nazilah sebagai doa bersama meminta dijauhkannya bangsa Indonesia, khususnya Kota Sibolga, dari segala bentuk wabah, penyakit dan bala.

Selain itu, memenuhi seruan dan fatwa MUI, Sholat Jumat kali ini, baik Walikota Sibolga dan jamaah lainnya membawa sajadah masing-masing sebagai bentuk antisipasi penyebaran wabah Covid-19. Sebelumnya, masjid tersebut juga sudah disterilisasi dengan semprotan disinfektan. (rb)

iklan usi