News

Mantan Menteri Asal Haranggaol itu Dikenal ‘Ber-ahap’ Simalungun

JAKARTA, FaseBerita.ID – DR Cosmas Batubara, mantan Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Perumahan Rakyat era Presiden Soeharto, meninggal dunia, Kamis (8/8/2019) sekira pukul 03.27 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana.

Putra asal Purba Saribu, Haranggaol, Kabupaten Simalungun ini, tutup usia 80 tahun. Cosmas lahir 19 September 1938. Jenazahnya disemayamkan di kediamannya, Jalan Cidurian No 3, Cikini, Jakarta Pusat.

Semasa hidupnya, Cosmas dikenal sebagai tokoh sentral dan senior dalam berbagai organisasi yang diikutinya. Bahkan ia banyak menjabat pucuk pimpinan organisasi.

Cosmas dikenal sebagai orang yang ahap Simalungunnya tidak diragukan lagi. Dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan Simalungun, Cosmas dikenal sangat aktif melakukan berbagai upaya agar pembangunan Simalungun terus berkembang mengikuti kemajuan zaman.

Cosmas juga pernah menjabat Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Ketua Presidium KAMI Pusat. Cosmas juga menjabat Direktur Utama PT Agung Podomoro dan masih banyak jabatan penting yang dia sandang sampai akhir hidupnya.

Lulus SD, SR di masa dulu, Cosmas melanjut ke Sekolah Guru Bawah (SGB). Lalu lanjut SGA, dan kemudian merantau ke Pulau Jawa.

Di Jakarta ia sempat berprofesi sebagai guru. Namun,ia ingin kuliah. Perjuangan dan dukungan kerabat membuatnya lanjut kuliah. Saat kuliah itulah, Cosmas mengenal gadis Jawa yang kemudian menjadi pendamping hidupnya. (int/esa)