News

Manasik Haji Akbar Tingkat TK se-Psp; Kenalkan Rukun Islam Kelima Sejak Dini

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Jajaran Dinas Pendidikan melaksanakan Manasik Haji tingkat TK se Kota Padangsidimpuan, Kamis (28/3).

Peserta yang berjumlah sekitar 3.000 an orang (Anak-anak TK, Orangtua dan Guru Pendamping, red) secara resmi diberangkatkan Kepala Dinas Pendidikan H Muhammad Luthfi Siregar dari Alaman Bolak Nadimpu menuju Halaman Masjid Agung Al Abror sebagai pusat kegiatan Manasik Haji.

Dinas Pendidikan menghadirkan para pembina berpengalaman untuk memandu rangkaian kegiatan Manasik Haji, seperti Ustad H Muslim Haraghap yang juga Pimpinan TK Multazam yang telah berpengalaman membimbing Jamaah Haji dan Umroh.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan pendidikan berkarakter. Melalui praktik Manasik Haji, anak-anak dapat mengenal langsung bagaimana proses pelaksanaan Rukun Islam yang ke lima,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemko Padangsidimpuan H Muhammad Luthfi Siregar didampingi Kasi Kurikulum dan Penilaian PAUD dan PNF Abd Rahman Nasution.

Luthfi sapaan akrabnya menyampaikan kegiatan positif seperti ini sangat berguna bagi perkembangan anak karena pelaksanaannya langsung praktik di lapangan. Sehingga anak-anak TK dengan mengerti pelaksanaan Rukun Islam yang ke 5.

“Pada prinsipnya kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan Rukun Islam yang ke lima. Sejak dini, mereka (anak-anak peserta manasik haji, red) mengerti bagaimana proses pelaksanaan Ibadah Haji ke Baitulloh. Sasarannya untuk mengasah dan meningkatkan pengetahuan anak-anak,” pungkasnya.

Kadisdik juga berharap kegiatan ini juga dapat meningkatkan disiplin anak-anak. “Terimakasih kepada seluruh pihak terkait yang turut serta mensukseskan kegiatan ini. Semoga anak-anak kita menjadi generi bangsa yang Berkarakter di masa depan,” sebutnya.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru-guru TK yang dipimpin Erlina dari TK Aba I, Ratna D Puspita dari TK Martondi dan Risda Ernawati dari TK Haholongan. (bsl)