News

Maling Gasak Kotak Infaq Masjid: Beraksi Usai Sholat Subuh

PALAS, FaseBerita – Hikma Sani Martua Hasibuan (19) pelaku pencurian kotak infaq Masjid Raya Baiturrahman Pasar Binanga, akhirnya diamankan personel Polsek Barteng. Pelaku yang diketahui warga Desa Mananti, Kecamatan Sosa ini diciduk saat berada di pasar malam di Lapangan Merdeka Pasar Binanga, Jumat (13/9/2019) lalu.

Awalnya, dalam rekaman CCTV, aksi pencurian infaq di Masjid Raya Pasar Binanga itu terjadi Senin (9/9/2019) sekira pukul 06.00 WIB pagi, usai sholat subuh. Saat itu terlihat, tersangka pura-pura tidur di masjid.

Begitu setelah orang sepi dan selesai sholat subuh, tersangka mendekati kotak infaq. Lalu membukanya dengan menggunakan kunci Y yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kemudian mengambil isi kotak infaq tersebut.

Keberadaan tersangka di Binanga karena bekerja di pasar malam yang ada di lapangan Binanga. Dari kotak amal itu, Hikma meraup uang infaq sebesar Rp600 ribu.

“Saat ini tersangka diamankan di Polsek Barteng dan akan dikenakan Pasal 363 KUHP,” kata Kapolsek Barteng Sammailun Pulungan.

Pencurian kotak amal masjid ini diketahui pengurus Masjid Raya Pasar Binanga H Abdul Rifai (65) dan baru menyadari sudah terbuka pada Kamis (12/9) pukul 16.00 WIB. Hal itu setelah dilakukan pengecekan rekaman CCTV sekira pukul 06.00 WIB pagi.

Disitu terlihat seorang pria masuk ke masjid dan membuka paksa gembok kotak infaq dengan menggunakan kunci Y. Lalu mengambil sejumlah uang di dalam kotak infaq tersebut.

Kejadian ini baru dilaporkan pada esok harinya, Jumat (13/9/2019) ke Polsek Barumun tengah. Namun, kurang dari 24 jam pelaku berhasil diamankan oleh tim dari Polsek Barteng.

“Telah disita barang bukti kunci Y dan pakaian yang dibeli dari hasil kejahatan itu. Pelaku akan kita jerat dengan Pasal 363 KUHP,” kata Kapolsek. (tan)

iklan usi