News

Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian USI Wajib Magang dan KKN

FaseBerita.ID – Fakultas Pertanian Universitas Simalungun (USI) mewajibkan mahasiswa program studi Agribisnis melaksanakan magang agribisnis dan kuliah kerja nyata (KKN).

Magang abribisnis dan KKN yang sebelumnya disebut kuliah kerja usaha (KKU) langsung didampingi dan dibimbing dosen pembimbing.

Untuk tahun akademik 2019/2020, Prodi Agribisnis sudah mengirim mahasiswa semester VI yang tergabung dalam kelompok dua mengikuti KKN di Nagori Bah Joga, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Kabupaten Simalungun.

Kelompok yang beranggotakan 8 mahasiswa ini terdiri dari; Sabaruddin Damanik, Fitria Nazar, Gina Fahniza, Juwita Asyia Tanjung, Novia Azmi Lubis, Prasetya Wiradinata, Wisnu Ramadhana, dan Erwin Lumban Raja. Mereka di bawah bimbingan dosen pendamping Dr Jef Rudiantho Saragih.

Menurut dosen pendamping Dr Jef Rudiantho Saragih, sepanjang bulan Agustus 2019, peserta KKN berperan aktif membantu dan menjadi bagian dari kegiatan pemerintahan nagori dan kegiatan masyarakat. Kegiatan di minggu pertama, yakni orientasi dengan Pemerintah Nagori yang dipandu oleh Pangulu Nagori Bah Joga, Rahmad.

Selanjutnya melakukan pengenalan wilayah ke 5 Huta yakni Bah Joga Utara, Marihat Bayu, Bah Joga Selatan, Bukit Bayu, dan Bukit Bagasan, yang dipandu oleh Gamot Marihat Bayu, Hamid. Kegiatan praktik di akhir minggu pertama adalah kunjungan dan diskusi dengan petani semangka, yang dilanjutkan dengan kegiatan pembibitan tomat, cabai merah, dan paprika.

Pada minggu kedua, kegiatan diarahkan pada berbagai kegiatan yang merupakan keseharian masyarakat. Pesert KKN membantu pengajaran dan pelatihan bagi anak Pendidikan Anakl Usia Dini (PAUD) untuk persiapan perayaan HUT ke-74 RI, mengunjungi industri rumah tangga (IRT) tahu, mengunjungi IRT kerupuk, dan berpartisipasi dalam perbaikan saluran irigasi. Malam harinya, mengikuti pengajian/perwiridan remaja mesjid.

Minggu ketiga digunakan sebagai persiapan perayaan HUT ke-74 RI di tingkat Nagori. Menurut pengakuan Pangulu Bah Joga Rahmat, ini kali pertama perayaan HUT Kemerdekaan RI yang lebih meriah dan diberikan lucky draw bagi masyarakat, yang dipersiapkan dan dirancang oleh mahasiswa USI peserta KKN.

Minggu terakhir pelaksanaan KKN, kembali diwarnai berbagai kegiatan langsung ke petani. Antara lain manajemen bibit, pemeliharaan, dan pemasaran ikan. Selanjutnya belajar dan berdiskusi mengenai IRT tempe, persiapan gulud dan ajir untuk penanaman tomat, cabai merah, dan paprika, yang telah dibibitkan pada minggu pertama.

Termasuk pemeliharaan dan pemberian pupuk. Kegiatan malam hari, tetap dilanjutkan dengan membantu anak SD dalam mengerjakan PR dan mengikuti takziah. Di hari-hari terakhir, peserta masih sempat melakukan penanaman bibit kelapa dan juga ikut membantu dalam pengecatan 3 gapura Huta Marihat Bayu.

Pada tanggal 31 Agustus 2019, saat penjemputan mahasiswa peserta KKN, Dr Jef Saragih menyampaikan terima kasih kepada Pangulu, Sekretaris Nagori, Gamot Marihat Bayu, dan staf pemerintahan Nagori. Ucapan terimakasih mewakili Fakultas dan Universitas, atas bimbingan dan pendampingan selama mahasiswa melaksanakan KKN.

Tak lupa menyampaikan permohonan maaf bila ada kekurangan mahasiswa KKN selama 1 bulan berada di Nagori.
Pangulu Bah Toga Rahmad dan Gamot Marihat Bayu juga menyampaikan terimakasih atas kesediaan Fakultas Pertanian mengirimkan mahasiswa melakukan KKN di Bag Joga.

“Mereka terlalu cepat pulang, mungkin tahun depan KKN-nya bisa dua bulan. Masyarakat sudah mulai merasakan punya mitra, tiba-tiba merasa kehilangan,” kata Rahmad.

Sementara Gamot Hamid mengundang mahasiswa untuk datang kembali ke Bah Joga saat panen tomat atau cabai, yang bibitnya disebar saat mahasiswa KKN. (rel)