News

Mahasiswa Bahagia Mengenal Lingkungan Kampus UNA

FaseBerita.ID – Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berlangsung di Universitas Asahan sejak 12 hingga 14 September 2019. Penutupan berlangsung di Hall Universitas Asahan (UNA), Sabtu (14/9/2019) sekitar pukul 17.00 WIB.

Dalam kesempatan itu, hadir Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, Sekretaris Prodi serta Kepala Lembaga dan UPT se-lingkup UNA. Turut Hadir Ketua Yayasan Universitas Asahan Ir Syarifullah Harahap MSi, Para Pengurus Yayasan Universitas Asahan, WakilRektor Bidang Akademik Dr Tri Harsono, MSI, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir Ansoruddin Harahap MP.

Kegiatan dimulai dengan upacara bersama yang dipimpin oleh Rektor Universitas Asahan Prof Dr Ibnu Hajar M.Si sebagai Pembina Upacara dan pemimpin upacara perwakilan salah seorang mahasiswa baru UNA.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Asahan Prof Dr Ibnu Hajar MSi juga mengajak kepada mahasiswa untuk mengheningkan cipta pertanda duka untuk pelopor keteknikan di Indonesia, BJ Habibie yang telah menghadap Sang Kuasa.

“Kita ditinggal oleh pemimpin kita. Seorang yang berjasa bagi dunia teknik di Indonesia dan dunia,” ujarnya.

Usai mengajak peserta PKKMB memanjatkan doa acara kemudian dilanjutkan kuliah umum yang disampaikan Rektor UNA dengan tema “Transformasi Ilmu Pengetahuan, Transformasi Pembangunan.

Rektor UNA Prof Dr Ibnu Hajar MSi mengaku sangat senang dan bangga atas pelaksanaan PKKMB tahun 2019 yang telah berjalan dengan sangat baik, enjoyfull, sweet, dan spektakuler.

Diharapkan, keberhasilan kegiatan PKKMB ditingkat Universitas ini bisa diadopsi pada penyelenggaraan kegiatan PKKMB ditingkat fakultas. Sehingga tidak ada kejadian-kejadian diluar prinsip-prinsip yang dicanangkan terjadi.

“Tujuan kita mengadakan PKKMB agar mahasiswa baru bisa dengan bahagia mengenal kehidupan kampus UNA sebelum mereka mengikuti perkulihan nantinya. Di samping juga agar mereka well adaktif dengan kampus, sehingga mereka bisa beradaptasi dengan kampus Universitas UNA,” ujar Ibnu Hajar.

Usai menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, dan Laporan Ketua Panitia yaitu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, MP.

“Kegiatan PKKMB 2019 yang merupakan kegiatan akademik pertama bagi mahasiswa baru Universitas Kuningan (Uniku) digelar dengan mengacu pada Surat Edaran Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. B/636/B.B3/KM.00/2019 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB),” jelas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ir. Ansoruddin Harahap, MP, dalam sambutannya.

Ansoruddin berharap kegiatan PKKMB 2019 yang diisi dengan berbagai kegiatan akademik mampu memberikan gambaran bagi peserta didik tentang suasana akademik di UNA.

“Kegiatan PKKMB yang digelar selama 4 hari baik ditingkat Universitas maupun ditingkat Fakultas diharapkan mampu membekali mahasiswa baru dengan berbagai pengetahuan terkait sistem pendidikan, suasana akademik maupun sosial di Universitas Asahan,” ujarnya.

Lebih jauh, dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan PKKMB 2019.Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta PKKMB yang telah mengikuti kegiatan PKKMB 2019 ini dengan baik.

“Tidak lupa, saya juga mengucapkan terima kasih untuk seluruh peserta yang selalu semangat mengikuti kegiatan PKKMB 2019 ini. Selain itu, saya juga mengucapkan selamat karena dengan ditutupnya kegiatan PKKMB 2019 ini, seluruh peserta PKKMB telah resmi menjadi mahasiswa Universitas Asahan,” pangkasnya.

Ketua Yayasan Universitas Asahan Ir Syarifullah Harahap MSi mengapresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan PKKMB tahun ini yang telah berjalan dengan tertib dan lancar. “Tidak lupa, saya juga mengucapkan terima kasih untuk seluruh peserta yang selalu semangat mengikuti kegiatan PKKMB 2019 ini. Selain itu, saya juga mengucapkan selamat karena dengan ditutupnya kegiatan PKKMB 2019 ini, seluruh peserta PKKMB telah resmi menjadi mahasiswa Universitas Asahan,” pangkasnya. (per/rah)