News

Madina Butuh Pemimpin yang Peduli Rakyat Kecil

MADINA, FaseBerita.ID – Menjelang pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) tahun 2020, warga menyampaikan berbagai harapan dan keinginan mereka.

Salahsatunya Panusunan Nasution (46), Senin (23/9/2019) mengatakan, saat ini masyarakat membutuhkan kebijakan Pemerintah yang menyentuh perekonomian rakyat kecil.

Misalnya, pembinaan ekonomi mikro UMKM, sekaligus mempermudah akses berusaha termasuk penyertaan modal.

“Kita saat ini membutuhkan figur pemimpin yang peduli ekonomi rakyat kecil. Banyak usaha warga yang terancam tutup akibat sulitnya mengembangkan dan susahnya mendapatkan modal,” kata Panusunan, pedagang sembako di pasar tradisional itu.

Ia menuturkan, kesulitan yang sering mereka alami adalah soal pinjaman modal. Bila mengajukan pinjaman ke Bank, syarat yang harus dilengkapi sangat sulit, seperti harus ada agunan, itupun pencairannya lama dan berbelit-belit.

“Pinjaman ke bank amat susah. Harus ada agunan biarpun pinjamannya kecil. Karena kita tidak punya harta untuk jadi agunan, terpaksa kita cari pinjaman ke koperasi. Tunggu satu hari sudah cair. Cuma bunganya yang amat besar. Rata-rata di atas 20 persen dengan masa kredit satu bulan. Ini yang amat sulit bagi kami,” ujarnya mengeluh.

Panusunan bersama pedagang kecil lainnya berharap, Pilkada Madina kali ini dapat melahirkan sosok pemimpin yang peduli ekonomi rakyat kecil. Misalnya dengan mempermudah mereka menjalankan usaha, dan bisa mendapat pinjaman modal dengan mudah.

Terpisah, Akbar Lubis, salah satu tokoh mahasiswa di Kabupaten Madina juga menyampaikan harapan serupa terkait ekonomi rakyat kecil berupa UMKM.

Menurutnya, Pemerintah perlu memberikan pembinaan keahlian menjalankan usaha kepada kalangan pemuda. Sehingga pemuda bisa mengambil peran di dunia usaha.

“Salahsatu masalah sulitnya ekonomi masyarakat di Madina saat ini akibat kurangnya pembinaan dan pemberdayaan bidang ekonomi UMKM. saat ini banyak sekali pemuda yang pengangguran. Mestinya pemerintah melirik program pembinaan dan pemberdayaan pemuda di bidang usaha, agar lahir banyak wira usaha di Kabupaten Madina. Ini harapan kita kepada pemimpin Madina di masa depan,” ujarnya.

Baginya, semoga Pilkada ini melahirkan pemimpin yang dapat memajukan ekonomi rakyat kecil, membuat rencana strategis dalam pemberdayaan SDM dan SDA.

“Sehingga semua peluang usaha di daerah kita dapat berjalan dengan baik yang pada akhirnya masyarakat bisa lebih sejahtera,” ujar Akbar. (wan)

iklan usi