News

Luncurkan Inovasi Aplikasi “Horas Paten”, AKBP Agus Diapresiasi Masyarakat Simalungun

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID- Polres Simalungun, meluncurkan aplikasi “Horas Paten Simalungun” yang bisa langsung diakses masyarakat melalui Smartphone berbasis Android.

Peluncuran aplikasi yang bisa langsung diakses masyarakat melalui Smartphone berbasis Android ini, merupakan masukan dan saran berbagai pihak yaitu tokoh masyarakat, rekan media dan rekan rekan yang peduli dengan wilayah Simalungun untuk memberikan pelayanan Polri kepada masyarakat yang berbasis IT.

“Dengan adanya aplikasi ini, polisi akan segera datang ke TKP dan ini bentuk  peningkatkan pelayanan publik” kata AKBP Agus Waluyo SIK kepada sejumlah awak media, Sabtu  (14/11) sekitar pukul 17.23 Wib sore.

Orang nomor satu di Polres Simalungun, dan pernah menerima penghargaan dari Amerika Serikat melalui FBI bersama 34 penyelidik dan penyidik pada tahun 2019 saat menjabat Kapolres Tobasa itu berharap, dengan sistem online ini pelayanan kepolisian di Simalungun lebih baik ke depannya.

Pelayanan mobile akses ini, bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang sewaktu-waktu mendapat kendala dan ingin mendapat bantuan dari pihak kepolisian.

“Masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor polisi untuk percepatan laporan dan pelayanan guna mendapat pertolongan dari pihak kepolisian sebelum nantinya lanjut proses di Mako Polres Simalungun . Cukup menggunakan klik Horas Paten Simalungun, Polisi akan segera tiba di lokasi.

Selain itu, AKBP Agus juga mewanti-wanti masyarakat untuk tidak menyalahgunakan aplikasi ini. Misalnya memberikan laporan palsu atau hoax maupun laporan berbau provokasi.

“Jika kedapatan, akan kita pidanakan bagi yang memberi laporan seperti itu,” tegas Agus.

Inovasi Pelayanan Publik ini mendapat apresiasi dari Tokoh Agama Pimpinan Persulukan Serambi Babussalam Tuan Guru Syekh H. DR. Ahmad Sabban Rajagukguk, yang sebelumnya bertemu pada acara Haul ke 11 Tuan Guru Batak Serambi Babussalam Simalungun Al-Arif Billah Syekh Abdurrahman Rajaguguk  Al Khaliy Naqsyabandi Qs, Sabtu (7/11/2020) 2020 Pukul 10.30 Wib di Desa Jawa Tongah Kecamatan Hatonduan Kabupaten Simalungun.

TGB mengatakan, bahwa Kapolres Simalungun saat ini sangat memiliki niat hati yang tulus dalam menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat di Kabupaten Simalungun.

“Beberapa kali saya melihat beliau memberikan perhatian kepada masyarakat baik dari segi pelayanan kepolisian maupun perhatian antara umat manusia, beliau adalah sosok yang peduli terhadap sesama,  banyak bantuan-bantuan kemanusian yang telah beliau salurkan kepada masyarakat kabupaten simalungun,”kata Tuan Guru.

“Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo SIK menjelaskan, Polres telah memiliki inovasi pelayanan masyarakat yang berbasis teknologi, melalui Aplikasi Horas Paten. Masyarakat dapat melaporkan kejadian tindakan kriminal yang dialami ataupun yang masyarakat ketahui secara langsung, cepat dan kapan saja kepada pihak kepolisian guna penanganan yang lebih cepat . Hal ini menunjukan bahwa sikap transparan publik dari Kapolres sungguh nyata, dan ini patut kita beri apresiasi agar Kapolres Simalungun dan jajarannya tetap semangat dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan prima guna menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif,”kata TGB.

Hal yang senada juga disampaikan beberapa tokoh-tokoh masyarakat seperti ketua Bantuan Komunikasi  (BANKOM) Raya Siantar – Simalungun Periode 2020 – 2025 Muhammad Muklus Nasution saat melakukan audiensi bersama Kapolres Simalungun.

“Ide Kapolres Simalungun ini adalah ide brilian, kita Bankom Raya Siantar-Simalungun siap mendukung kinerja Kepolisian Resor Simalungun dalam menjaga Kamtibmas, apalagi ada aplikasi horas paten ini, uda paten kali la kita,” ucap Muklius.

Awak media Unit Polres Simalungun juga mendukung semua upaya Polres Simalungun menjaga keamanan ketertiban masyarakat di Kabupaten Simalungun.

“Aplikasi ini akan kita publikasikan dan informasikan kepada masyarakat, agar penggunaanya lebih efisien dan maksimal di masyarakat,” ujar Suyadi, wartawan Harian Metro Siantar unit Polres Simalungun.(rel/Adi).

iklan usi