News

Lulusan UNA Siap Berkompetisi dan Hadapi Tantangan Dunia Kerja

Wisuda Universitas Asahan Angkatan XXVI Tahun 2020

FaseBerita.ID – Wisuda bukanlah merupakan proses akhir dari sebuah pendidikan, namun sebuah permulaan dari kompetisi kehidupan. Untuk itu, para wisudawan diminta agar mengkolaborasikan ilmu yang didapat dengan peluang teknologi dan kesepatan.

Demikian dikatakan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara (LLDIKTI Sumut), Prof Ibnu Hajar M.Si yang juga pernah menjabat sebagai rektor UNA, dalam acara wisuda sarjana UNA angkatan XXVI di kampus setempat, Sabtu (5/12).

“Dunia sekarang sudah banyak berubah. Sebagai adaptasi dari pandemi covid-19 dan era 4.0. Karenanya, setiap orang dituntut memiliki kemampuan tak biasa. Jika tidak memiliki kemampuan, maka siap-siaplah kita akan akan tergilas,” ucap Ibnu Hajar.

Sementara itu, Pj Rektor UNA, Tri Harsono dalam sambutannya  berpesan, agar para wisudawan sadar bahwa ia memiliki tanggungjawab di masyarakat untuk merespon segala bentuk permasalahan dan kepedulian sosial atas pengetahuan yang dimilikinya.

“Di kampus ini adik-adik ditempa untuk menjadi seorang manusia yang mampu berkompetisi menghadapi dunia dengan disiplin ilmu yang dipelajari serta diperkenalkan dengan keberagaman. Sebentar lagi kalian akan terjun ke masyarakat dan diharapkan sarjana UNA bisa menjadi pemberi solusi atas segala kompleksitas persoalan hingga manfaatnya dirasakan masyarakat,” pesan rektor.

Sementara itu, dihadapan para wisudawan dan orangtua yang hadir, Ketua Yayasan UNA, Drs Mapilindo M.Pd, menyampaikan, 11 program studi yang ada di UNA telah terakreditasi B. Hal itu juga menjadikan UNA masuk dalam peringkat ke-5 perguruan tinggi swasta terbaik di Sumatera Utara, ditambah saat ini telah ada 14 orang dosen bergelar doktor dan 21 orang lagi sedang menjalani kuliah S3, sehingga diharapkan itu akan berpengaruh dalam peningkatan mutu pendidikan.

“Disamping itu, telah berjalan perkuliahan perdana program pasca sarjana di Fakultas Hukum UNA. Insya Allah pada tahun 2021 akan diajukan program pascasarjana administrasi pendidikan di fakultas keguruan ilmu pendidikan,” sebutnya.

Wisuda Sarjana XXVI tahun 2020 UNA digelar secara tatap muka di tengah pandemi dengan penerapan aturan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Sebanyak 397 orang diwisuda dalam dua gelombang.

Adapun, wisudawan terbaik dengan indeks prestasi komulatif (IPK) tertinggi dari program studi Teknik Informatika diraih Darmawan Pratama (3,49), Program Studi Agroteknologi diraih Surya Pradana (3,90), Program Studi Budidaya Perairan diraih Emi Humairoh Sirait (3,80),  Program Studi Manajemen diraih Winda (3,60), Program Studi Ekonomi Pembangunan diraih Asliyah br Sirait (3,74).

Kemudian, Program Studi Ilmu hukum, Mawarni Sinaga (3,74), Program Studi Pendidikan Matematika diraih Nursariati (3,95), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diraih Lili Karmila (3,63) dan  Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia  diraih Larasati Dinindra (3,84). (Per/fabe)

iklan usi