News

Listrik RSUD Padangsidimpuan Padam Empat Jam

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Minggu (16/6/2019) sore hingga malam, pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padangsidimpuan, panik. Betapa tidak, seluruh aliran listrik ke seluruh bangunan pusat pelayanan kesehatan itu padam selama 4 jam lebih.

Hal itu terjadi diduga karena pekerja pengerjaan proyoek bangunan baru melakukan penyerobotan aliran listrik.
Dari informasi yang didapat, padamnya listrik di RSUD Kota Padangsidimpuan lantaran ada gangguan aliran dari pengerjaan proyek yang dikerjakan oleh PT PB itu. Sebabnya, pelayanan di rumah sakit pun ikut terganggu.

Menurut salahseorang keluarga pasien, Ridwan. Padamnya listrik sampai malam, sangat mengganggu bagi pasien yang dirawat terlebih saat malam tiba membutuhkan pencahayaan yang cukup dalam proses perawatannya.

“Cuma itu sih, tapi mungkin yang di-ICU sama yang di IGD yang paling repot. Kalau ini kan paling untuk makan aja yang sedikit terganggu,” ucap keluarga pasien itu.

Menurut petugas di Rumah Sakit itu, padamnya listrik karena dalam pengerjaan proyek pembangunan ruangan baru itu, perlu untuk memindahkan tiang dan kabel listrik. Makanya pemadaman dilakukan, dan mereka pun sebagai petugas memberi tahu kepada setiap ruang rawat agar keluarga dan pasien bersabar serta mengimbau pasien yang masuk ke IGD untuk memaklumi keadaan itu.

“Ini padam semua,” ucapnya menunjuk seluruh ruangan pelayanan rumah sakit serta bangunan kantor administrasi RSUD yang ada di seberangnya Jalan FL Tobing itu.

Rumah sakit ini sendiri diketahui tidak memiliki mesin generator daya (genset) , tapi menurut pria yang enggan namanya ditulis ini. Genset itu mengalami kerusakan dan tak berfungsi.

“Itu juga karena genset mati. Tapi agak lama matinya lantaran bertepatan juga lagi masuk tiang pancang (pasak bumi), jadi lambat,” katanya lagi.

Guna mendapat jawaban dan pernyataan secara resmi, atas padamnya listrik di rumah sakit yang dicanangkan sebagai fasilitas rujukan regional itu, awak media mencoba menghubungi telepon selular dan pesan singkat kepada pihak RSUD Kota Psp dan bidang teknis PLN, namun masih belum mendapat tanggapan. (san)

USI