News

Lima UPT Dinas Pendidikan Humbahas Dibubarkan: Korwil Ambil Peran

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Lima Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Humbang Hasundutan (Humbahas) tahun 2020 tidak lagi beroperasi alias dibubarkan.

Kepala Dinas Pendidikan Humbahas Drs Jhnony Gultom menyebut, ini sesuai Peratuaran Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 12 Tahun 2017 tentang Pembentukan dan Pedoman Klasifikasi Cabang Dinas dan UPTD.

Dalam Permendagri 12/2017 disebutkan, bahwa sudah tidak ada lagi UPT di luar lembaga formal. Yang disebut UPT adalah sekolah SDN maupun SMPN. “Jadi, tahun 2020 ini, UPT sudah dibubarkan.” kata Jhonny, Senin (3/2).

Ditegaskannya, Permendagri 12/2017 juga mengisyaratkan dilakukannya perampingan struktur yang disesuaikan dengan beban kerja unit pada daerah.

“Sehubungan dengan itu, maka Pemprov Sumut melalui biro hukum kantor gubernur merekomendasikan pembubaran UPT kewilayahan yang selama ini diterapkan oleh daerah. Ini bertujuan untuk efisiensi struktur dinas pendidikan yang disesuaikan dengan beban kinerja,” tukasnya.

Untuk kelancaran kemudahan urusan dan komunikasi antara dinas pendidikan dengan pihak sekolah di kecamatan, pihaknya akan memberikan tugas tambahan kepada salah seorang pejabat fungsional yang disebut Koordinator Wilayah (Korwil).

“Apakah itu salah satu dari kepala sekolah, maupun pengawas yang disesuaikan dengan kredibilitas. Secara teknis semua sudah diatur dalam Perbup (Peraturan Bupati),” bebernya.

Sementara, puluhan pegawai yang selama ini bekerja pada UPT Pendidikan akan dikembalikan sesuai dengan disiplin ilmu/ kualifikasinya dengan menyesuaikan kebutuhan.

“Mereka akan ditempatkan sesuai dengan kualifikasi pendidikannya, dengan menyesuaikan kebutuhan,” tandasnya. (sht/ahu)

USI