News

Letkol Laut (P) Betrawan Jabat Danlanal Sibolga

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Pengabdian Letkol Laut (P) Fajar Priyanto ST sebagai Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Sibolga, berakhir. Dia digantikan oleh Letkol Laut (P) Betrawan MTr.Hanla, yang sebelumnya menduduki jabatan di Subdis Pampers Dispamal Mabesal. Sementara, Fajar akan menduduki jabatan baru di IR Ops Koarmada I.

Upacara serahterima jabatan orang nomor 1 di Lanal Sibolga tersebut digelar di Mako Lanal Sibolga, Selasa (19/3) pagi. Dihadiri oleh Danlantamal II/Padang, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaiman,MSc, Paban IV Spotmar TNI AL, Kolonel Mar Edi Prakoso,SE. Kemudian, Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk, Kapolres Sibolga dan Tapteng. Dan Sat Radar, Dandim dan perwakilan dari Instansi vertikal lainnya.

Dalam amanatnya, Danlantamal mengatakan bahwa serahterima jabatan di lingkungan organisasi TNI AL merupakan hal yang biasa dan wajar. Serta mengandung makna penting dan strategis, ditinjau dari upaya TNI AL dalam meningkatkan kualitas kinerja organisasi. “Dengan maksud untuk penyegaran organisasi dalam rangka pembinaan personil, yang diharapkan mampu memberikan pengkayaan pengalaman bagi personil bersangkutan. Disatu sisi, akna terjadi regenerasi kepemimpinan, yang diharapkan dapat membawa ide-ide baru serta mampu menciptakan langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam menjalankan roda organisasi,” kata Danlantamal.

Sekilas, Perwira Bintang Satu ini menjelaskan tugas yang diemban oleh pangkalan TNI AL sebagai ujung tombak TNI AL. Di antaranya, menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bag satuan-satuan operasional TNI AL. “Kemudian, menegakkan hukum dan menjaga keamanan perairan yang menjadi wilayah kerjanya. Dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan, khususnya yang berkaitan dengan aspek pertahanan negara di laut,” terangnya.

Di akhir amanatnya usai menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Danlanal lama atas dedikasi loyalitas serta jerih payah dalam melaksanakan tugas-tugas selama berdinas di Lanal Sibolga. Dan ucapan selamat datang kepada Danlanal baru, Danlantamal menyampaikan penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan seluruh prajurit dalam menjalankan tugas sehari-hari.

“Pertama, tingkatkan keimanan dan ketagwaan kepada Tuhan yang maha esa, pegang teguh sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI dan trisila TNI AL sebagai pedoman dlaam bekerja dna bertugas dalam pengabdian kepada bangsa dan negara. Kemudian, laksanakan perintah dan keputusan pemimpin TNI AL sebagai wujud dedikasi, loyalitas dan hererki seorang prajurit matra laut. Optimalkan kinerja perseorangan melalui peningkatan profesionalisme dan satuan kerja dengan skala prioritas perencanaan serta efisiensi anggaran yang ada, diikuti tertib administrasi. Tingkatkan purba jaga dan laksanakan check and recheck terhadap semua kegiatan. Jaga dan pelihara soliditas serta sinergitas TNI< POLRI dan aparat pemerintah lain serta masyarakat. Jauhi dan hindari penyalahgunaan narkoba serta tindak pidana yang dapat merugikan nama baik sendiri, keluarga, kesatuan dan TNI AL serta TNI,” tegasnya. (ts)