News

Lestarikan Seni Budaya melalui Gebyar Reog Gembong Bawono

FaseBerita.ID – Bupati Asahan H Surya, bersama rombongan, menghadiri Gebyar Seni Budaya Reog Gembong Bawono di Jalan Langsat, Kelurahan Sentang, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Sabtu (2/1) lalu. Tujuan kegiatan tersebut guna melestarikan seni budaya yang ada di Kabupaten Asahan.

Pada kesempatan itu, Surya menyampaikan apresiasi kepada Ketua Panitia Pelaksana Haris Munandar, dan seluruh masyarakat Kelurahan Sentang. Sebab dengan digelarnya kegiatan ini, selain bertujuan menumbuhkan jiwa nasionalisme generasi muda dalam memperkokoh jati diri bangsa, juga menumbuhkan rasa cinta terhadap seni budaya yang dimiliki bangsa, khususnya budaya Reog Gembong Bawono.

“Selain itu juga menumbuhkan kecintaan terhadap keanekaragaman budaya, khususnya pada Budaya Reog Gembong Bawano,” ungkap Surya.

Lebih lanjut Surya mengatakan, pada era kepemimpinannya bersama Taufik Zainal Abidin, pihaknya akan terus melakukan pembinaan terhadap potensi budaya yang dimiliki Kabupaten Asahan untuk lebih dilestarikan.
“Budaya merupakan jati diri bangsa yang harus terus dilestarikan,” imbaunya.

Sebagai tanda dimulainya Gebyar Seni Budaya Reog Gembong Buwono ini, Surya bersama Taufik melakukan pemukulan gong.

Pada kesempatan yang sama, Plt Camat Kisaran Timur, yang juga Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Asahan pada Gebyar Seni Budaya Reog Gembong Buwono itu.

Menurut Rahmat, tujuan pelaksanaan Gebyar Seni Budaya Reog Gembong Buwono ini, yakni untuk melestarikan kekayaaan budaya yang dimiliki Indonesia, agar ke depan generasi muda dapat mengenal dan mencintai budayanya sendiri.

Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan Dandim 0208 Kabupaten Asahan Kapten Inf Nuryanto, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Hj Titiek Sugiharti Surya, dan Lurah Sentang. (smg/fabe)

USI