News

Lansia dan Tokoh Agama di Simbou Baru Terima Vaksin Tahap Pertama

RAYA, FaseBerita.ID– Warga Nagori Simbou Baru Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun menerima vaksin tahap pertama untuk 110 orang. Warga yang mendapat vaksin adalah kategori lanjut usia (lansia) dengan umur 51 tahun ke atas, dan para tokoh agama.

Kepala Puskesmas Raya Yeli Purba yang memimpin pelaksanaan vaksinasi, Kamis (8/7/2021) mengatakan, syarat untuk mendapatkan vaksin harus memenuhi standar kesehatan. Bagi warga yang kurang sehat, tidak diwajibkan untuk menerima vaksin. Namun, menunggu setelah kondisinya sehat. Setelah menerima vaksin tahap pertama, harus kembali menerima vaksin tahap kedua yang dijadwalkan 5 Agustus mendatang.

“Vaksin tahap dua sangat penting untuk lebih menguatkan fungsi vaksin tahap pertama. Jika ada yang mengalami gejala seperti demam atau gejala lain setelah vaksin, segera melapor kepada petugas medis. Untuk konsumsi setelah divaksin, hampir tidak ada pantangan kecuali untuk obat anti biotik harus melalui petunjuk petugas kesehatan,” kata Yeli Purba.

Ditambahkan Yeli, warga yang sudah menerima vaksin harus tetap mengikuti protocol kesehatan, menjaga jarak, memakai masker, rajin mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Sementara Pangulu Nagori Simbou Baru Sahdinson Saragih menyampaikan, vaksin massal tahap pertama ini untuk nagori Simbou Baru mendapat jatah 110 vaksin. Sasaran utama diberikan kepada lansia dan tokoh agama. Masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin harus membawa KTP sebagai syaratnya.

“Kami tetap menghimbau kepada masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan. Memakai masker, menghindari kerumunan dan menjaga jarak. Dalam kondisi saat ini, kita harus bersama-sama melakukan upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 ini. Kita bersama juga berdoa akan kondisi segera membaik dan normal kembali,” katanya.(esa/fabe)