News

Lagi, Satu Pasien Covid Asal Siantar Meninggal

FaseBerita.ID – Lagi, seorang wanita, pasien Covid-19 asal Pematangsiantar meninggal dunia di salah satu rumah sakit di Kota Medan. Almarhum merupakan pasien Covid-19 keenam yang meninggal dunia di kota ini.

Pasien tersebut langsung dibawa ke kota asalnya, yakni Kecamatan Siantar Utara, dan telah dimakamkan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Jubir GTP2) Covid-19 Pematangsiantar Daniel Siregar, membenarkan informasi tersebut.

“Pasien tersebut meninggal hari Minggu (9/8), di Rumah Sakit Martha Friska,” ungkap Daniel ketika dikonfirmasi, Senin (10/8/2020).

Jenazahnya, kata Daniel, sudah dimakamkan sesuai prosedur covid-19.

“Jenazahnya dibawa ke Siantar atas permintaan keluarga, untuk dimakamkan di samping makam suaminya,” jelasnya.

“Jenazah itu dari Medan langsung ke tempat pemakaman. Tidak ada singgah ke rumah, langsung ke pemakaman, dan jam 10.00 WIB sudah dimakamkan sesuai prosedur Covid-19,” ungkapnya.

Kematian pasien itu menambah deretan nama dalam daftar pasien Covid-19 Kota Pematangsiantar yang meninggal dunia. “Ini pasien covid-19 keenam yang meninggal dunia,” ungkapnya.

Warga Siantar berstatus pasien Covid-19 yang meninggal dunia, antara lain dua dari Kecamatan Siantar Marihat, 2 dari Siantar Barat, 1 dari Siantar Timur dan yang terbaru 1 dari Kecamatan Siantar Utara.

Bertambah 25 Orang

Jumlah pasien terkonfirmasi (positif) COVID-19 di Sumatera Utara pada Minggu (9/8) bertambah 25 orang dari posisi Sabtu yang sebanyak 4.794 orang.

“Hari Minggu, ada penambahan pasien positif COVID -19 sebanyak 25 orang sehingga menjadi 4.819 orang,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Mayor Kes Whiko Irwan di Medan.

Meski hanya 25 orang dari Sabtu yang bertambah 101 orang, tetap saja penambahan pasien terkonfirmasi itu harus ditanggapi serius semua kalangan. Apalagi pasien suspek (pasien dalam pengawasan) COVID-19 dan meninggal dunia tetap juga bertambah.

Pada Minggu, pasien suspek COVID-19 bertambah 10 sehingga menjadi 565 orang.

Adapun pasien meninggal dunia bertambah dua orang menjadi 225 orang. Sementara pasien sembuh, kata Whiko bertambah 35 orang dari 2.035 Sabtu atau menjadi 2.070 orang.

“GTPP COVID-19 Sumut tak henti – hentinya meminta kesadaran warga untuk tetap menjalankan protokol kesehatan mencegah penularan dan tertular COVID-19,” ujarnya. (pra/mtr/ant)

iklan usi