News

Lagi-lagi Warga Blokade Jalan Gara-gara Bansos

FaseBerita.ID – Blokade jalan lagi-lagi dilakukan oleh warga yang ingin menuntut pembagian bantuan sosial di tengah pandemi Covid-19 ini. Sebelumnya, ada warga Desa Hutapuli, Kecamatan Siabu, Mandailing Natal (Madina), kemarin blokade serupa dilakukan warga Desa Hutadame/Aek Bingke Kecamatan Panyabungan Utara, Madina.

Mereka melakukan aksi demonstrasi blokade jalan lintas, Kamis (18/6) sekitar pukul 10.00 WIB. Informasi dihimpun, jumlah penerima BLT yang bersumber dari Dana Desa di Hutadame sebanyak 56 kepala keluarga. Dan setelah dilakukan musyawarah desa, yang mendapat menjadi 130 kepala keluarga dengan besaran Rp 237 ribu setiap kepala keluarga.

Baca juga: Tuntut Bansos, Warga di Madina Blokade Jalan Lintas Sumut-Sumbar

Warga melakukan aksi blokade jalan juga membakar pos jaga di pinggir jalan lintas. Aksi tersebut mereka lakukan disebabkan penyaluran BLT yang tidak merata. Warga juga meminta supaya kepala desa Albert Sihombing turun dari jabatannya.

Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi membenarkan aksi demo dengan blokade jalan yang dilakukan warga Hutadame. Ia menyebut pihaknya sudah membuka blokade jalan.

“Iya, jalan diblokade dan personel kita sudah di lokasi. Blokade jalan sudah dibuka. Soal penyebabnya kita masih selidiki,” kata Horas.

Camat Panyabungan Utara Ridho Fahlevi Lubis mengatakan aksi blokade jalan tersebut berkaitan dengan penyaluran BLT. “Informasinya begitu, soal penyaluran BLT. Kami sekarang sedang berusaha menenangkan warga. Nanti kami jelaskan apa permasalahannya,” ucapnya.

Aksi blokade jalan dimulai sekitar pukul 08.30 WIB dan berhasil dibuka sekitar pukul 11.20 WIB. Selanjutnya, masyarakat serta Muspika melakukan musyawarah di Balai desa Hutadame. (Wan)