News

KPU Tapsel Lantik Serentak 744 PPS di 15 Kecamatan

FaseBerita.ID – Pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Tapsel, jelas 9 Desember 2020 mendatang. Hal ini ditandai dengan dilanjutkannya tahapan Pilkada yang sempat tertunda beberapa bulan. Salah satunya, pelantikan PPS secara serentak di 15 kecamatan yang ada di Tapsel, Senin (15/6) lalu.

“Ada 744 orang PPS yang dilantik hari ini. Mereka berasal dari 248 desa dan kelurahan di Tapsel,” ungkap Ketua KPU Tapsel melalui salah seorang komisioner Efendi Rambe disela acara pelantikan.

Dikatakan, pelantikan itu dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dalam penanggulangan penyebaran Covid-19. Sehingga, dihindari kerumunan dan selalu jaga jarak. Seperti di Sipirok dibagi 2 gelombang, karena disesuaikan dengan anjuran protokol kesehatan.

“Ini atas koordinasi KPU dengan Pemkab Tapsel, khususnya Tim Gugus Tugas. Sehingga Bupati Tapsel mengintruksikan, pemerintah kecamatan dan Puskesmas untuk memfasilitasi tempat dan juga penerapan protokol kesehatan. Seperti penyediaan termo gun, hand sanitizer, air dan cuci tangan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, disetiap lokasi pelantikan telah disediakan penanganan protokol kesehatan kepada seluruh PPS, PPK dan undangan yang hadir pada saat pelantikan.

“KPU Tapanuli Selatan mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif dari Pemkab Tapsel sehingga pelantikan PPS terlaksana sebagaimana mestinya,” ucapnya.

Disampaikan, pada teknis pelaksanaan pelantikan itu, setiap komisioner melaksanakan pelantikan PPS di 3 kecamatan.

Adapun dasar pelantikan, sambungnya, sesuai dengan, Surat edaran KPU RI Nomor 441/PL.02-SD/01/KPU/VI/2020 tentang pengaktifan kembali PPK dan PPS Pemilihan tahun 2020 dan Tahapan kpu berikutnya, Sesuai PKPU 5 thn 2020, sosialisasi,bimtek pemutakhiran data pemilih dan lainnya.

Disampaikan, adapun tugas PPS setelah dilantik adalah, berkoordinasi dengan pemerintahan desa/kelurahan untuk meminta nama personil pada sekretariat PPS.

“Membentuk PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) tiap TPS di desa atau kelurahan masing masing,” sebutnya mengakhiri. (ran)

USI