News

KPU Simalungun Siapkan 636.303 Sarung Tangan Plastik

FaseBerita.ID – KPU Kabupaten Simalungun menyediakan alat pelindung diri berupa sarung tangan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember 2020.

Komisioner Divisi Teknis, Fatimah Yanti Sinaga, Rabu (25/11), menjelaskan, pengadaan sarung tangan itu bagian dari protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020. Dia menyebutkan, jumlahnya sebanyak 636.303 pasang sesuai dengan data Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sarung tangan yang diperuntukkan bagi para pemilih itu untuk pemakaian satu kali dan nantinya didistribusikan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pihaknya juga telah mengumumkan keharusan bagi pemilih untuk menggunakan masker di TPS.

Bagi pemilih yang tidak punya, pihaknya menyiapkan masker sebanyak 20 persen jumlah pemilih di setiap TPS.

Pengukuran suhu tubuh pemilih, menyediakan tempat cuci tangan dan membuat jarak menghindari kerumunan, juga diterapkan. Khusus protokol kesehatan tambahan bagi petugas penyelenggara, melakukan pemeriksaan kesehatan dengan tes cepat.

KPU Simalungun Cetak 777.638 Kertas Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun sudah mencetak surat suara sebanyak 777.638 lembar untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun tahun 2020.

Surat suara tersebut dicetak di Malang, Jawa Timur telah tiba kantor KPU Simalungun di Pamatang Raya pada Rabu (18/11) petang.

Ketua KPU Simalungun Raja Ahab Damanik, logistik untuk Pilkada serentak tahun 2020 itu disimpan di gudang dengan penjagaan pihak kepolisian dan staf penyelenggara.

Komisioner Divisi Logistik itu menjelaskan, pencetakan jumlah surat suara itu sesuai dengan jumlah DPT (636.303 pemilih) ditambah 2,5 persen jumlah pemilih di setiap TPS.

Sedangkan pemilih di 1.992 TPS (tempat pemungutan suara) jumlahnya beragam atau tidak sama, tetapi tidak melebihi dari 300 orang. Pihak KPU nantinya akan melakukan pelipatan, pensortiran dan pengepakan surat suara ke dalam kotak suara untuk selanjutnya didistribusikan kepada penyelenggara sampai tingkat desa.

Pilkada Simalungun diikuti empat pasangan calon, yakni pasangan Radiapoh H Sinaga – H Zonny Waldi nomor urut 1, Mujahidin Nur Hasim – Tumpak Siregar nomor urut 2, pasangan Wagner Damanik – Abidinsyah Saragih nomor urut 3 dan H Anton Achmad Saragih – Rospita Sitorus nomor urut 4. (ant/esa)

USI