News

KPU Simalungun Gelar Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun menggelar rapat koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) di Aula Kantor KPU Simalungun, Kamis (4/3).

Rakor ini dihadiri oleh Bawaslu Simalungun, Dinas Penduduk dan Catatan Sipil Simalungun, Wakapolres Simalungun dan perwakilan Partai Politik.

Berdasarkan Surat Edaran KPU RI No 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021, Perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021, rakor DPB untuk memperbaharui data pemilih seperti menambahkan pemilih baru yang belum terdaftar di daftar pemilih, menghapus data pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat (meninggal, pindah domisili, ganda, TNI/Polri) , dan perubahan elemen-elemen data pemilih Kabupaten Simalungun secara berkelanjutan.

Komisioner KPU Kabupaten Simalungun Divisi Data Salman Abror, didampingi Komisioner lainnya, Dhani Damanik, Fatimah Yanti Sinaga dan Puji Rahmat Harahap mengatakan kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dilaksanakan secara berkala berkordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Polres Simalungun, Partai Politik Tingkat Kabupaten Simalungun, Bawaslu Simalungun dan pihak terkait lainnya.

Dijelaskan Salman, masyarakat Kabupaten Simalungun juga dapat menyampaikan tanggapannya secara langsung terkait daftar pemilih dengan cara, mengisi formulir Tanggapan Masyarakat atau berkunjung ke kantor KPU Simalungun di Jln John Horailam Saragih Pamatang Raya, di ruang Divisi Program Data, dengan Narahubung Anselmus Ginting selaku Admin Pemutakhiran Data Pemilih (085270184020) Niko Girsang selaku staf Proda (082160173836).

Sementara Komisioner Bawaslu Simalungun Mulai Adil Saragih bersama Michael Siahaan mengatakan, beberapa yang perlu diperhatikan dalam pemutakhiran DPB yakni Pemilih Pengguna KTP-el pada pemilihan serentak Tahun 2020, Pemilih yang sudah meninggal, Pemilih yang keluar atau masuk sebagai warga Simalungun.(rel/fabe)