News

KPU Simalungun Ajukan Rp60 M, NPHD Pilkada Belum Dibahas

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Tinggal tiga bulan lagi, tahapan Pemilihan Kepala Derah (Pilkada) serentak 2020 di Kabupaten Simalungun akan dimulai, namun sampai sekarang Naskah Perjanjian Hibah Derah (NPHD) belum dibahas.

Ketua KPU Simalungun, Raja Ahab Damanik,Jumat(28/6), mengatakan bahwa NPHD untuk Pilkada Pemilihan Bupati tahun 2020 belum ada dibahas.

“Dibahas pun belum, tapi pengusulan April lalu sudah kita usulkan anggaran berkisar Rp60 Miliar lebih, tetapi belum ada respon dari Pemkab Simalungun,”ujarnya.

Menurut Raja Ahab Damanik, menerangkan tiga bulan lagi tahapan Pilkada 2020 akan dimulai pada bulan September tahun 2019 mendatang. “Mengenai anggarannya melihat nanti mudah mudahan secepatnya direspon dari Pemkab,” harapnya.

Ditambahkanya, bahwa KPU Simalungun akan membahasnya bersama tim anggaran Pemkab Simalungun dengan tim banggar DPRD Simalungun.

“Kita akan membahasnya dengan tim anggaran Pemkab, intinya Pemkab Simalungun yang menentukan jadwalnya. Setelah ada respon dari Pemkab, lalu diadakan pembahasan di DPRD,” sebutnya.

Sekda Kabupaten Simalungun, Drs Gidion Purba saat dikonfirmasi via selulernya, membenarkan bahwa pihaknya belum membahas NPHD, namun sudah dilaporkan kepada DPRD.

“Belum, masih dilaporkan kepada DPRD, nanti bersama DPRD menetapkan itu. Responnya ini lagi pembahasan, nanti dibahas di DPRD di Minggu ke 2 bulan Juli sudah masuk draf P-APBD, kan masih lama. Tahapan kan ngak pake duit dulu itu, tapi nanti akan kami bahas,”tutupnya. (mag05/esa)