News

KPU Siantar Gelar Tes Wawancara Calon PPS

FaseBerita.ID – KPU Siantar melaksanakan tahapan seleksi tes wawancara terhadap calon anggota PPS untuk menghadapi Pilkada 2020 mendatang.

Ketua KPU Siantar Daniel Dolok Sibarani, Rabu (11/3) mengatakan tahapan wawancara ini akan diselenggarakan selama tiga hari. Pengumuman dan tanggapan masyarakat akan dilakukan pada 15-17 Maret 2020.

“Tanggapan dari masyarakat itu akan diklarifikasi pada tanggal 20-21 Maret. Pelatihannya pada tanggal 22 Maret 2020. Yang kita nilai dari wawancara ini yaitu rekam jejak penyelenggaraan, pengetahuan tentang tugas, wewenang PPS terkait tentang klarifikasi tanggapan masyarakat dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang akan berkembang,” ujarnya.

Komisioner KPU Nurbaya menambahkan, yang mendaftar PPS dari 8 kecamatan dan 53 kelurahan yang ada di kota Pematangsiantar sebanyak 387 orang. Dari 53 kelurahan itu ada satu kelurahan yang tidak memenuhi yaitu Kelurahan Teladan, hanya 2 orang yang lulus administrasi dan tertulis.

“Yang mendaftar itu ada 387 orang dan yang lulus administrasi 351 orang. Selanjutnya yang hadir ujian tertulis sebanyak 312 orang. Sesuai dengan peraturan yang dibutuhkan per kelurahan itu ada 3 orang. Jadi syaratnya dua kali kuota yang dibutuhkan. Karena di Kelurahan Teladan itu kurang satu, jadi yang harus direkomendasi itu dua orang dari lembaga pendidikan, dan langsung wawancara,” ujarnya. (Mag 04)