News

KPU Humbahas Gelar Rekapitulasi Tingkat Kabupaten

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan umum (KPU) Humbang Hasundutan (Humbahas) melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten di gedung KPU Humbahas, Kamis (2/5).

Acara tersebut dihadiri oleh Pemkab Humbahas diwakili Kaban Kesbang Thomson Hutasoit, Pabung 0210/TU Mayor (inf) Holden Gultom (mewakili Forkopimda), Komisioner KPUD Humbahas Binsar Pardamean Sihombing, Ramses Simamora, Enixon Pasaribu, Belta Sihite, Sutomo Voker Tamba, dan Sekertaris KPUD Humbahas.

Ketua KPU Humbahas Binsar Pardamean Sihombing menyebutkan, rekapitulasi tingkat KPU Kabupaten dapat dilaksanakan 20 April sampai dngan 7 Mei. Tergantung selesainya rekapitulasi di tingkat kecamatan PPK  (Panitia Pemilihan Kecamatan) secara keseluruhan.

“Karena rekapitulasi kabupaten tidak boleh berjalan bersamaan degan rekapitulasi kecamatan. Jadi, kita yang memilih rekapitulasi hari ini (2 Mei, red) setelah rekapitulasi yang terakhir, yakni kecamatan Dolok Sanggul selesai pada 28 April kemarin,” ujar Binsar.

Binsar menjelaskan, dalam tahap rekapitulasi, pihaknya akan membuka satu kotak dari setiap kecamatan, yaitu formulir DA1. Dan jumlah hasil perhitungan formulir DA1 akan diakumulasikan untuk menghasilkan DB1. Selanjutnya DB1 akan dikirimkan untuk direkapitulasi pada tingkat Provinsi.

“Jadi, ada sepuluh kotak yang akan kita buka nantinya,” kata Bisar merinci.

Terkait waktu proses rekapitulasi di KPU Humbahas, Binsar memperkirakan selesai dalam satu atau dua hari.

“Kita upayakan selesai hari ini, tapi tidak tertutup kemungkinan prosesnya berlangsung selama dua hari. Tergantung situasi dan kondisi realnya. Mudah-mudahan tidak ada kendala pada saat rekapitulasi,” harapnya. (sht/osi)

iklan usi