News

KPU Humbahas Asuransikan 4.508 KPPS

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Terobosan baru yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Humbang Hasundutan (Humbahas) layak diancungkan jempol.

Pasalnya, meski proses Pemilu 2019 di daerah itu berjalan lancar dan tidak ada KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara) yang korban, namun jauh sebelumnya KPU Humbahas sudah mengantipasi jika terjadi kemungkinan terburuk yang tidak diinginkan dengan mengasuransikan seluruh KPPS.

Ketua KPU Humbahas Binsar Pardamean Sihombing mengatakan, sebanyak 4.508 KPPS yang direkrut sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan selama satu bulan, yaitu April 2019. Hal ini dilakukan berdasarkan pertimbangan beban kerja yang dihadapi oleh KPPS dimaksud.

“Jauh-jauh hari, mereka sudah kita daftarkan peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dan mungkin hanya kita (Humbahas, red) yang melakukan demikian,” ujar Binsar saat ditemui NEW TAPANULI di ruang kerjanya, Senin (30/4).

Binsar menjelaskan, hal itu dapat terlaksana berkat kerjasama dengan pihak BPJS. Di mana, untuk pembayaran premi diambil dari honor KPPS sebanyak Rp3 ribu.

“Awalnya pihak BPJS meminta Rp12 ribu per orang. Namun kami merasa, jumlah tersebut akan membuat mereka (KPPS, red) terbebani. Akhirnya kita sepakat mengambil Rp3 ribu per orang. Sampai sekarang, Puji Tuhan tidak ada yang sakit maupun meninggal,” terangnya.

Lebih lanjut Binsar menjelaskan, beban kerja KPPS bertambah berat karena Pemilu serentak. Di mana pemungutan suara untuk Presidan dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD tingkat Provinsi serta DPRD tingkat kabupaten/ kota dilakukan sekaligus.

“Selain beban kerja berupa fisik, beban mental juga sangat mempengaruhi KPPS, karena harus mengerjakan administrasi yang sifatnya melelahkan pikiran,” ujar Binsar.

“Syukurlah, sampai saat ini belum ada laporan yang diterima oleh KPU Humbahas, terkait petugas KPPS yang harus dirawat di rumah sakit. Itu artinya, pelaksaan pemilihan umum tahun 2019 di Kabupaten Humbahas relative aman dan berjalan lancar,” pungkasnya. (sht/osi)

iklan usi