News

KPU Asahan Belum Gelar Pleno Penetapan Anggota DPRD Terpilih

KISARAN, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan hingga kini belum menggelar rapat pleno terkait penetapan anggota DPRD Asahan terpilih periode 2019- 2024. Padahal sesuai tahapan penetapan perolehan kursi calon terpilih digelar pada tanggal 1 sampai 4 Juli.

“Sampai sekarang ini belum (ditetapkan) karena Asahan masih ada proses PHPU (sengketa perselisihan hasil pemilu (PHPU) legislatif di Mahkamah Konstitusi (MK) yang sidangnya baru akan dimulai,” kata Hidayat SP, Ketua KPU Asahan menjawab pertanyaan wartawan via whatsapp seluler, Kamis (4/7/2019).

Olehkarena itu, dia mengatakan untuk jadwal penetapan maupun pelantikan caleg terpilih masih tergantung cepat lambatnya hasil putusan MK, terkait dengan itu dikarenakan ada caleg DPRD Asahan yang menggugat selisih peraihan suara di Pemilu 17 April 2019 lalu sampai di meja MK yang salah satunya di daerah pemilihan (Dapil) 1 di Asahan.

“Informasinya salah satu lokus yang menjadi dalil gugatan itu adalah di daerah pemilihan Asahan 1 yang meliputi Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Kisaran Timur,” ujarnya. Namun demikian, kata Hidayat, KPU Asahan sudah mempersiapkan segala sesuatu terkait pelantikan caleg terpilih,” ujarnya.

Hidayat menyatakan, sejauh ini tahapan pemilu di Kabupaten Asahan berjalan lancar dan sesuai prosedur yang dibantu berbagai pihak terutama Bawaslu, pihak kepolisian dan masyarakat yang memiliki kesadaran berdemokrasi tinggi di Asahan. Informasi diperoleh, sengketa perselisihan hasil pemilu (PHPU) legislatif di Mahkamah Konstitusi (MK) mulai disidangkan pada pekan depat atau terhitung tanggal 9 – 12 Juli mendatang. Total ada 260 perkara PHPU Pileg yang siap disidangkan MK. (per/ahu)